Pemkab Sergai Targetkan Miliki Perpustakaan Bertaraf Nasional

PERPUSNAS : Bupati Sergai Darma Wijaya bersama rombongan diterima Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando beserta jajaran di ruang pertemuan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (12/10/2021).
sentralberita | Jakarta ~
Minat baca yang baik memiliki korelasi langsung terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Pendapat tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dalam kunjungannya ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Bupati Darma Wijaya menyatakan, masa kepemimpinannya sebagai Bupati bersama Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengusung visi Sergai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera, dan Religius dengan mencanangkan program SAPDA (Sapta Dambaan) yang terdiri dari 7 program utama, di mana salah satunya adalah Sekolah Mantab, yaitu sekolah yang mandiri, asri dan berkualitas.

Hal tersebut jadi bukti jika pihaknya menjadikan sektor pendidikan sebagai pondasi penting pembangunan daerah. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan sarana dan prasarana mumpuni, dan tentunya perpustakaan menjadi salah satunya.

Saat ini, ucapnya, untuk menggalakkan semangat literasi di Kabupaten Sergai sendiri, sekolah-sekolah sudah menerapkan kebijakan satu jam membaca buku sebelum kegiatan belajar-mengajar berlangsung bagi para siswa.

“ Minat baca masyarakat saat ini tergolong rendah disebabkan salah satunya karena minimnya ketersediaan bahan bacaan. Permasalahan tersebut diharapkan bisa tertanggulangi lewat pembangunan fasilitas perpustakaan yang berkualitas,” ungkap Darma Wijaya.

“ Alhamdullilah, aspirasi masyarakat Sergai yang kami bawa hari ini, yaitu untuk pembangunan perpustakaan, bisa terealisasikan dan Insya Allah akan mulai dibangun tahun 2022 dengan sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan minat baca, terutama bagi generasi muda, sekaligus meningkatkan kualitas sektor pendidikan dan pada akhirnya juga berperan penting bagi kompetensi SDM Sergai,” jelasnya.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando dalam tanggapannya menyampaikan jika kunjungan Bupati Sergai ini merupakan salah satu mendukung visi dan misi Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kualitas SDM dalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

” Siapa pun kita baik eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI/POLRI, hingga masyarakat umum, sesuai yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945, memiliki tugas mencerdaskan anak bangsa, mengantarkan mereka ke masa depan lebih layak untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur,” ungkapnya.

Dikatakan, perpustakaan merupakan kampus bagi siapa saja yang putus sekolah sehingga perpustakaan harus dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. “Untuk itu kami berharap adanya sinergi yang seimbang antara Dinas Perpustakaan dan Pendidikan, sehingga rencana untuk mewujudkan SDM unggul dapat tercapai,” tutupnya.

Dalam kunjungan ini hadir Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Elinda Sitianur, SE, Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, S.Pd, MM, Deputi 2 Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi, M.Hum dan Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Drs. Teguh Purwanto, M.Si dan Koordinator Kelompok Substansi Pengembangan Perpustakaan Umum Nurhadi Saputra, S.Sos.(SB/jontob)