Nawal Lubis Apresiasi Rencana PT Astra Bantu Penanganan Stunting

Audiensi Korwil Grup Astra Medan bersama jajaran di Ruang Oval, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (27/10).(f-humas)

sentralberita | Medan ~ Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi rencana PT Astra mendukung program penanganan stunting di provinsi ini, melalui dana Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Coorporate Social Responsibility/CSR) perusahaan tersebut.

Hal itu diungkapkannya saat menerima audiensi Korwil Grup Astra Medan bersama jajaran di Ruang Oval, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (27/10).

Nawal Lubis mengatakan, bahwa TP-PKK Sumut selama beberapa tahun terakhir terus berupaya mendorong agar seluruh kabupaten/kota memahami pentingnya penanganan masalah stunting atau gagal tumbuh bagi anak-anak. Faktornya bisa saja disebabkan karena masalah lingkungan serta kekurangan gizi.

“Masalah yang banyak kita temui itu adalah kondisi lingkungan seperti sanitasi yang buruk di permukiman, terutama di wilayah pesisir pantai. Ini masalah sosial, dan kita tidak boleh berdiam diri. Kami persilakan dan apresiasi jika ada pihak yang mendukung dan membantu program penanganan stunting seperti ini,” ujar Nawal Lubis.

Sebagai bentuk apresiasi pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, lanjut Nawal, TP-PKK akan meminta Dinas Kesehatan untuk memberikan gambaran tentang kondisi stunting di 33 kabupaten/kota. Dengan begitu, perusahaan seperti PT Astra yang ingin menyalurkan dana CSR-nya, bisa mendapatkan data yang jelas, dimana sebaiknya bantuan tersebut disalurkan.

Sementara Korwil Grup Astra Medan Aryo Ardianto didampingi Yeni Susanti beserta jajarannya menyampaikan bahwa pihaknya ingin agar dana CSR yang mereka kelola, dapat diberikan kepada masyarakat dan bermanfaat. Sehingga melalui petunjuk dari Pemprov Sumut, perusahaan tersebut bisa menjalankan program dimaksud dengan tepat guna.

“Kita audiensi dengan Ibu Ketua TP-PKK Sumut untuk mendapatkan petunjuk, kemana saja sebaiknya dana CSR ini bisa diberikan. Misalnya mana daerah yang banyak kasus. Karena memang Grup Astra setiap tahunnya ada bantuan untuk kesehatan, pendidikan, UMKM dan lingkungan,” sebutnya.

Apalagi menurutnya, program penanganan stunting masih tergolong jarang mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Ditambah lagi, TP-PKK Sumut juga sudah punya agenda kerja membantu masalah kesehatan masyarakat ini. Karenanya, mereka berharap dapat berpartisipasi membantu kerja pemerintah seperti menyediakan alat bantu untuk Posyandu, pemberian vitamin, susu serta kebutuhan lainnya.

“Jadi program kita ini segera kita mulai, selama setahun. Dan berjalan setiap bulannya. Nantinya saat memberikan bantuan, kita mohon juga kepada Ibu Nawal (Ketua TP-PKK Sumut) secara simbolis menyerahkannya kepada masyarakat,” pungkasnya.(01/red)