Kolaborasi PUD Pasar dengan Polsek Medan Tuntungan, Gelar Vaksinasi Dosis II di Pasar Induk Lau Cih

Vaksinasi bagi pedagang pasar Lau Cih, Medan Tuntungan.

sentralberita | Medan ~ Pelaksanaan vaksinasi dosis II terhadap pedagang di Pasar Induk Lau Cih digelar, Sabtu (15/10).

Ini merupakan program dari Polri yang dilakukan Polsek Medan Tuntungan berkolaborasi dengan PUD Pasar Medan lewat Pasar Induk Lau Cih.

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi, datang meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut. Dirut mengatakan pelaksanaan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut program pemerintah yang berupaya mempercepat kekebalan komunal (herd immunity). “Kesehatan merupakan prioritas dari program Pak Wali. Vaksinasi Covid-19 termasuk dalam itu supaya tercipta herd immunity,” bilangnya.

Suwarno berpesan kepada para pedagang, meski sudah divaksin tetapi protokol kesehatan (prokes) harus tetap dijaga. “Mari sama-sama kita terapkan prokes di pasar, supaya kenyamanan berbelanja bagi pengunjung maupun pedagang tercipta,” bilangnya.

Sementara Kapolsek Medan Tuntungan Iptu Martua Manik, mengatakan vaksinasi tahap ke II tersebut merupakan lanjutan vaksinasi yang sudah digelar sebelumnya. Dipaparkan, Martua dengan melibatkan tenaga kesehatan pihaknya memberikan 400 dosis vaksin dari 1.500 dosis vaksin.

“Secara bertahap setiap bulan 400 dosis vaksin yang dikhususkan untuk pedagang,” bilangnya.

Kepala Cabang II PUD Pasar Medan Budi F Putra menuturkan, pelaksanaan ini disediakan 400 dosis vaksin dengan sasaran pedagang. Program vaksinasi ini benar-benar mendapatkan sambutan antusias dari pedagang.

“Pedagang yang baru divaksin di pasar ini kurang lebih mencapai 50 persen. Melihat antusiasnya pedagang, pihaknya akan memindahkan lokasi vaksinasi di area tidak jauh dari Kantor PUD Pasar Induk Lau Cih.

Sekedar mengingatkan ditanggal 17 September Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Laksamana Hadi Tjahjanto hadir ke Pasar Induk Lau Cih Medan Tuntungan untuk melihat pelaksanaan vaksinasi .

Peninjauan ini dilakukan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi Widodo untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Panglima TNI mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pasar tradisonal adalah satu hal yang tepat. Sistem vaksinasi jemput bola yang dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, selama ini mendapat apreasiasi dari Panglima dan Kapolri. (01/red)