Rumah Rusak Dampak Bom, Ratusan Warga Kandibata Geruduk Proyek Pembangunan PLHM di Kabanjahe

sentralberita | Kabanjahe ~ Ratusan warga Desa Kandibata, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo  menggeruduk lokasi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Hydro Micro (PLHM), Jumat (17/9/2021). Kedatangan warga untuk meminta ganti rugi kerusakan rumah mereka akibat dampak dari  pengeboman di lokasi proyek tersebut. 

Dari pantuan,, ratusan warga terlihat menutup langsung pelaksanaan proyek PLHM tersebut. Warga meminta pihak perusahaan menghentikan seluruh pekerjaan di lokasi terebut sampai pihak perusahaan memenuhi tuntutan warga. 

Rehngena Sembiring mengatakan proses pengeboman yang dilakukan di lokasi tersebut menimbulkan keresahan warga. Pasalnya getaran ledakan menyebabkan puluhan rumah warga di kawasan tersebut retak. 

“Ini merupakan kedatangan kami yang kedua kali karena tuntutan kami sebelumnya tidak dipenuhi pihak proyek,” ucap Rehngena Sembiring.

Rehngena mengatakan sejak aksi pertama mereka beberapa waktu lalu, pihak PLHM sudah menghentikan pengebomanan. Namun tidak ada etikad baik dari mereka untuk memperbaiki rumah warga. 

“Pengeboman sudah berhenti, namun hingga saat ini tidak ada perbaikin rumah warga,” ucapnya. 

Dia mengklaim banyak rumah warga Desa Kandibata yang rusak karena proses pengeboman di lokasi proyek. Tapi dia tidak merinci berapa jumlah warga rusak dibom. 

“Bisa dilihat langsung ke rumah warga yang rusak akibat aktivitas ini,” ucapnya.(in)