Piala Bergilir Lomba Potensi dan Inovasi Desa, Diterima Kades Pulau Sejuk

sentralberita I Batu Bara~ Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama PT. Inalum (persero) mengadakan Lomba Potensi dan Inovasi Desa tahun 2021, yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Batu Bara dan Piala Tetap PT. Inalum (persero).

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP bersama Manager CSR PT Inalum Ali Hasian Harahap menyerahkan Hadiah Lomba Potensi dan Inovasi Desa Tahun 2021 yang di adakan oleh Pemkab Batu Bara dan PT Inalum Persero, kegiatan penyerahan Hadiah Lomba ini berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Perumahan Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka. Jum’at (24/09/2021)

“Lomba Potensi Inovasi Desa Tahun 2021 berlangsung dari tanggal 1 sampai 31 Agustus, yang diikuti oleh 18 Desa yang ada di Kabupaten Batu Bara. Lomba Potensi Inovasi Desa tahun 2021 ini meperlombakan 3 kategori yaitu pariwisata, lingkungan dan ekonomi, yang merupakan 3 sektor yang di butuhkan disaat pandemi Covid-19 ini.”ujarnya

Kategori Pariwisata juara pertama dimenangkan oleh Desa Kuala Indah, juara kedua Desa Perupuk dan juara ketiga Desa Bandar Rahmat. Kategori Lingkungan juara pertama dimenangkan oleh Desa Pulau sejuk, juara kedua Desa Sipare-pare, juara ketiga Desa Lubuk Cuik dan Kategori Ekonomi juara pertama dimenangkan oleh Desa Binjai Baru, juara kedua Desa Perkebunan Tanjung Kasau juara ketiga Desa Lubuk Cuik.

Bupati Zahir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PT. Inalum (persero) atas partisipasi dan dukungannya dalam menumbuhkembangkan potensi dan inovasi yang ada di desa, dengan terlaksananya kegiatan lomba potensi dan inovasi desa bersama Pemerintah Kabupaten Batu Bara dan saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa di Kabupaten Batu Bara yang mampu menghasilkan potensi dan inovasi kreatif dalam bidang ekonomi, lingkungan dan pariwisata.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi pembangunan desa, antara lain dapat menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, meningkatnya kesejahteraan masyarakat serta meningkatnya pendapatan asli desa.

Dimasa pandemi covid-19 ini, peran pemerintah dituntut untuk dapat memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat, dengan melakukan program pemulihan ekonomi masyarakat. adanya kegiatan ini saya berharap dapat memberikan peluang bagi pelaku UMKM yang ada di desa untuk dapat mempromosikan produk-produk usahanya dan potensi desa lainnya sehingga bisa dapat lebih dikenal oleh masyarakat Kabupaten Batu Bara,(SB/ru)