Ketua MA RI Lantik Robinson Tarigan Sebagai Ketua PT Medan

Dari kanan ke kiri :
Sekretaris PT Medan Sudiyanto, Ketua PT Medan yang lama Setyawan Hartono, Ketua PT Medan yang baru Robinson Tarigan dan Kabag Perencanaan dan Kepegawaian PT Medan Andre Pramono berpoto bersama seusai pelantikan di gedung MA RI, Rabu (22/9).(Foto SIB/humas PT Medan)

sentralberita|Medan – Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr HM Syarifuddin SH melantik Dr Robinson Tarigan SH MH sebagai Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan menggantikan Setyawan Hartono SH MH yang juga dilantik dipromosikan sebagai Ketua PT Semarang. Dr Robinson sendiri adalah mantan Ketua PT Jambi.

Acara pelantikan yang digelar di ruang Kusumah Admaja pada Gedung MA di Jakarta, Rabu (22/9) digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Selain Dr Robinson, Ketua MA juga melantik 14 Ketua Pengadilan Tinggi lainnya. Diantaranya Dr Arifin Marpaung SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PT Tata Usaha Negara (TUN) Medan menjadi Ketua PT TUN Medan. Lalu Dr Erwin Mangatas Malau SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PT Medan, dipromosikan menjabat sebagai Ketua PT Ambon.

Dalam arahannya, Ketua MA berpesan agar para ketua PT yang baru dilantik tetap menjaga marwah dan wibawa peradilan MA. “Jabatan adalah amanah dan tanggung jawab bukan kekuasaan apalagi kesewang-wenangan. Oleh karena itu saya berharap kepada para ketua yang baru saja dilantik, anda hadir sebagai seorang pemimpin yang amanah dan punya tanggung jawab, baik kepada publik, negara maupun kepada Tuham Yang Maha Esa. Terlebih lagi jabatan ketua pengadilan tingkat banding merupakan jenjang karir tertinggi para hakim karir,” ucap Ketua MA dalam pelantikan yang disiarkan langsung di chanel Youtube Mahkamah Agung RI.

Selain itu, Ketua MA juga mengingatkan akan bahayanya virus Covid-19. Ia berpesan untuk tetap disiplin menerapkan 5M. “Pada kesempatan ini, saya menyampaikan selamat kepada para ketua yang baru dilantik agar kiranya kita sehat-sehat selalu menghadapi pandemi covid-19 ini. Meskipun angka penyebaran covid-19 ini di Indonesia menurun, saya tetap mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara menjaga disiplin 5M.

Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, hindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Virus ini secara nyata masih berada disekitar kita. Mungkin saat ini virus itu sedang mengintai waktu untuk menyerang kita,” terangnya.

Dalam menjalankan pekerjaan, Ketua MA meminta agar penerapan digitalisasi dalam proses administrasi perkara menjadi pedoman utama para ketua dalam mengatur sistem di pengadilan tingkat pertama dijajarannya. “Saya meminta kepada para ketua pengadilan agar selalu aktif melakukan pembinaan dan pengawasan termasuk pemantauan SIPP dan aaministrasi perkara secara elektronik. Para ketua harus mampu melaksanakan proses digitalisasi perkara di tingkat banding,” jelasnya.

Dalam bentuk transparansi, Ketua MA mengingatkan para ketua PT yang baru dilantik dan juga para ketua pengadilan negeri yang mengikuti proses pelantikan tersebut secara virtual agar segera mewujudkan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi dan Bebas Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sementara Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing SH MH saat dikonfirmasi mengatakan Dr Robinson Tarigan pernah bertugas sebagai Ketua PT Kupang. “Selain itu pak Ketua PT yang baru juga pernah menjabat sebagai Waka PT Makassar, KPT Manado dan terakhir sebelum dilantik sebagai Ketua PT Medan, pak Ketua menjabat sebagai Ketua PT Jambi,” terangnya.( SB/FS)