Dinas PMD Padang Lawas Laksanakan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia Tahun Anggaran 2021

sentralberita |Palas ~ Dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) kabupaten Padang Lawas melaksanakan kegiatan pembinaan kader pembangunan manusia(KPM) pada tahun anggaran 2021.

Kegiatan pembinaan kader pembangunan manusia kali ini di buka langsung oleh Kabit pembangunan desa Nirwan Gunawan Harahap SE di aula kantor camat Barumun. 24/09/2021)

Dalam sambutan nya Kabit pembangunan desa Nirwan Gunawan Harahap SE menyampaikan Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah warga masyarakat desa yang dipilih melalui musyawarah desa untuk membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi masyarakat desa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia di desa.

Tujuan pembinaan KPM adalah untuk memastikan mobilisasi KPM di seluruh desa di kabupaten Padang Lawas berjalan dengan baik dan kinerja KPM dapat optimal sesuai dengan tugas dan perannya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan tidaklah terlepas dari peran kepala desa, Lurah dan kepling untuk mendukung program dalam pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa agar pembinaan KPM berjalan baik.

Kabid kesmas(kepala bidang kesehatan masyarakat)Nuraijah Siregar, SKM, M.Kes, menyampaikan Untuk menekan angka tersebut, masyarakat perlu memahami faktor apa saja yang menyebabkan stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

“Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1000 hari pertama kehidupan, yakni sejak dalam kandungan,hingga anak tersebut di lahirkan dan sampai berusia 2 tahun,

Penyebabnya karena rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani.

Faktor ibu dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makan kepada anak juga menjadi penyebab anak stunting.

apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup dan baik. Ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan di masa kehamilan, dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.

Pada acara itu dia juga berharap peran aktif para kader KPM di setiap desa di kabupaten Padang Lawas ini, sehingga dapat membantu pemerintah dalam pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kabit pembangunan desa Nirwan Gunawan Harahab SE. Kepala bidang Kesmas Nuraijah Siregar, SKM, M.Kes Lurah pasar sibuhuan Sulaiman,Sekcam Fauzan Taufik Daulay SH dan an Seluruh kepling di kelurahan pasar sibuhuan juga turut hadir. (HS)