BI Dorong UMKM Sumut Terus Berinovasi Lewat KKSU 2021

sentralberita | Medan ~ Bank Indonesia terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Sumatera Utara untuk terus berinovasi menghasilkan produk lokal yang berkualitas. Salah satunya melalui kegiatan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) tahun 2021.

KKSU 2021 yang berlangsung secara virtual selama empat hari, mulai 16 – 19 September 2021 dengan tema Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh, merupakan kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut), KPw BI Sibolga dan KPw BI Pematang Siantar, bersinergi dengan para stakeholder.

“Kegiatan ini merupakan event tahunan untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang tersebar di berbagai daerah Sumatera Utara biar terus berinovasi menghasilkan produk lokal yang berkualitas,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Soekowardojo, pada pre event KKSU 2021, Kamis (16/9).

Soekowardojo menyebutkan, KKSU 2021 itu digelar dalam rangka Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, sekaligus turut menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #diIndonesiaAja# (BWI), dan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) 2021.

Pagelaran KKSU mengusung dua agenda utama, yaitu Forum KKSU dengan kegiatan berupa webinar dan talkshow, serta KKSU Fair dengan kegiatan berupa showcasing produk UMKM binaan dan mitra menggunakan sarana website KKSU, promosi dan penjualan produk secara digital dengan memanfaatkan kanal marketplace, media sosial, dan influencer.

Pada hari pertama, sejak pukul 08:30 – 12:30 WIB sebagai rangkaian KKSU 2021 dilaksanakan Forum KKSU 2021, diisi dengan Webinar bertema Eksotisme Destinasi Wisata Sumatera Utara Pariwisata yang Inklusif.

Soekowardojo menuturkan pandemi ini memberikan tantangan yang luar biasa bagi perekonomian dunia maupun Indonesia.

“Namun bila kita lihat sekilas data makro perekonomian Indonesia dan Sumut harapan untuk recovery sudah mulai terlihat berdasarkan rilis PDRB triwulan 2 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat angka positif 7,07% tahunan sementara untuk pertumbuhan ekonomi Sumut juga tumbuh positif 4,95% secara tahunan,” ujarnya.

Pertumbuhan positif ini, menurutnya, sebagai momentum recovery ekonomi kedepan setelah pada 4 triwulan sebelumnya mencatat kontraksi atau pertumbuhan negatif.(sb/wie)