HAPSARI Bersama Komunitas Relawan Pejuang Lawan Covid-19 Buat Program Sebar Semilakor Untuk Indonesia

sentralberita|Medan~Per 11 Agustus 2021, situs resmi Satgas Penanganan Covid 19 Sumut mencatat bahwa sebanyak delapan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara menjadi zona merah tersebut adalah Tapanuli Tengah, Deli Serdang, Dairi, Medan, Binjei, Karo, Pematang Siantar & Asahan.

Ada upaya penting yang harus dilakukan, sederhana tapi berdampak besar. Yaitu mencegah anggota keluarga agar tidak jatuh sakit dan menyembuhkan tanda dan gejala ringan, hingga kita tidak perlu ke rumah sakit. Dengan memanfaatkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita.

Oleh karena itu, dalam memaknai hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76, HAPSARI ( Himpunan Serikat Perempuan Indonesia ), bersama Komunitas Relawan Pejuang Lawan Covid19 membuat Program Sebar Semilakor Untuk Indonesia, di dua titik di Kabupaten Serdang Bedagai yang merupakan zona merah penyebaran covid19 (17-8-2021)

Samilakor ( Sari Minuman Rempah Asli Lawan Korona ) adalah minuman berbahan rempah-rempah yang dapat digunakan untuk melawan virus corona. Minuman ini direkomendasikan oleh Dr Tifauzia Tyassumma M.Sc, seorang dokter, Akademisi, Peneliti dalam Nutrional Epydemiologi dan Integrative Health.

Menurut Lely Zailani, yang mengkoordinir kegiatan ini, mereka mendapatkan donasi untuk membeli rempah-rempah, peralatan memasak hingga botol-botol kemasan. Dan, “ Kami sendiri menyumbang tenaga untuk membuat, mengemas dan mendistribusikannya,” jelas Lely,

“ Ada yang banyak berdonasi, baik perseorangan mau pun yayasan atau organisasi. Yayasan Ahlina
Institut ( Jakarta ) mendonasikan 250 botoll Samilakor, dan kami distribusikan ke satu titik yaitu ke YayasanMadrasah Aliyah, di Desa Bingkai, Kecamatan Pegajahan.

Masih ada 250 botol lagi sumbangan dari perorangan, kami donasikan ke Desa Karanganyar, Kecamatan Perbaungan. Di desa ini 8 orang warganya terkonfirmasi positif covid19 dan satu orang meninggal dunia,” kata Lely lagi.

Kegiatan Sabar Samilakor untuk Indonesia ini juga diisi dengan penjelasan tentang manfaat dan fungsi Samilakor sebagai imunomodulator, yaitu zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan memgaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidak seimbangan sistem imun yang terganggu.

Selain itu juga dilakukan bimbingan praktek pembuatan Samilakor, agar setelah kegjatan ini semua peserta, dapat membuat Samilakor sendiri di rumah-rumah mereka.(Debbi Safinaz/Rel)