Baru Dikerjakan Setahun, Proyek “Siluman” di Desa Lestari “Kupak-Kapik”

sentralberita|Kisaran ~ Diduga di kerjakan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB),Proyek Pembangunan Rabat Beton di Dusun III Aek Belu Desa Lestari Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan yang baru di kerjakan sekitar lebih kurang setahun sudah mulai “kupak-kapik“.

Lebih ironisnya proyek yang dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Lestari Kecamatan Buntu Pane tersebut terkesan sebagai proyek “Siluman” karena tidak jelas asal usul anggaran serta jadwal waktu pengerjaannya.

Pantauan Sentralberita.com,dititik awal ( Nol) dari pekerjaan proyek yang bervolume 2,5×88 meter tersebut terlihat rabat beton yang sudah pecah/ terkelupas bahkan semen di bagian atas disepanjang badan jalan yang di cor sudah mulai terkikis sehingga campurannya cor berupa pecahan batu krikil sudah mulai terlihat.

“Hingga saat ini kami sebagai warga setempat tidak mengetahui dari mana anggarannya,kepala desa kami terlalu tertutup dalam hal penggunaan anggaran desa pak.” ujar salah seorang warga yang enggan menyebutkan jatidirinya kepada sentralberita.com saat ditemui dikediamannya.

Masih menurut pria yang sehari-harinya mengaku beraktivitas sebagai petani ini,mereka sebagai warga setempat ada menyimpan dokumen-dokumen terkait beberapa pengerjaan proyek fisik kegiatan desa termasuk pengerjaan proyek rabat beton yang berada di dusun III Aek Belu.”kita ada menyimpan dokumentasinya,dan sesuai dokumentasi yang ada kami menduga proyek ini tidak sesuai bestek dan itu terbukti baru setahun proyeknya sudah mulai hancur.”Ucapnya.

Kalau kami katakan ini proyek Siluman pak,lihat saja di plang proyeknya yang ada di sudut jalan itu,masak ngak ada jadwal pengerjaannya dan asal usul anggarannya.Tegas si pria.

Sesuai pengakuan dari warga tersebut, disudut jalan masih terpampang plang proyek yang bertuliskan Pemerintah Desa Lestari Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan,jenis kegiatan Pembangunan Jalan Rabat Beton,Lokasi Dusun III Aek Belu,Volume 2,5×88 meter,Biaya Rp.76.350.680,Pelaksana Tim Pengelola Kegiatan (TPK) tanpa ada melampirkan jadwal kegiatan serta asal usul anggaran.

Kepala Desa Lestari Kecamatan Buntu Pane Baginda Sarifuddin Ritonga ketika dihubungi Via Celuller,Rabu (4/8/2021) mengatakan, anggaran untuk proyek pembangunan jalan Rabat Beton tersebut berasal dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020,namun ketika ditanya terkait waktu pelaksanaannya ,dirinya mengaku tidak sudah lupa.

“Tidak ingat saya bulan berapa di kerjakan,kalau anggaran berasal dari Dana Desa tahun anggaran 2020.” Ujar Ritonga.(SB/ZA).