Tanpa Syarat KTP Domisili, Tiga Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Semua Warga Medan

sentralberita | Medan ~ Pemerintah menghapus KTP domisili sebagai syarat bagi warga untuk menerima vaksin Covid-19.

Di Medan sudah ada tiga tempat yang menerapkan hal ini.Ketiga tempat itu adalah RS Adam Malik Medan, Politeknik Kesehatan Medan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan. Vaksinasi di lokasi ini dilakukan secara gratis.

“Masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan KTP daerah mana pun sekarang sudah bisa vaksin Covid-19 di RSUP Haji Adam Malik mulai Selasa (29/06),” kata Sub Koordinator Sub-substansi Hukormas Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, dikutip Jumat (2/7).

Rosa mengatakan vaksinasi dilakukan setiap hari kerja. Warga yang datang diwajibkan membawa KTP.

“Vaksinasi setiap hari kerja, Senin-Jumat, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB, dengan kuota 300 orang per hari. Syaratnya cukup bawa KTP asli dan fotokopinya,” imbuhnya.

Rosa mengatakan calon peserta vaksinasi Covid-19 terlebih dahulu harus mengisi pendaftaran secara online melalui situs https://regvaksin.sirsmandiri.com. Pada pendaftaran ini, setelah mengisi data pribadi, peserta dapat memilih jadwal vaksinasi yang diinginkan.

“Terdapat tiga sesi, yaitu pukul 08.00-10.00 WIB, 10.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB. Peserta vaksin diharapkan datang sesuai jadwal agar tidak berkerumun,” ucap Rosa.

Di lokasi vaksin, kata Rosa, warga diminta mengisi formulir terlebih dahulu. Warga yang sudah disuntik kemudian diminta datang kembali 28 hari kemudian untuk disuntik vaksin tahap kedua.

“Vaksinasi Covid-19 tanpa dipungut biaya apa pun,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala KKP Kelas I Medan Priagung Adhi Bawono mengatakan vaksinasi di wilayah kerjanya juga dilakukan setiap hari kerja. Di lokasi ini memiliki kuota 100 orang per hari.

“Kuotanya 100 orang per hari,” ucap Priagung.

Priagung mengatakan pihaknya juga melakukan vaksinasi secara bergilir di sejumlah bandara yang ada di Sumut. Bagi warga yang datang diminta untuk membawa identitas diri.

“Kemarin di Silangit, Tarutung, besok di Belawan, dan lain-lain juga. Bawa KTP atau surat domisili untuk pendataan,” jelas Priagung. (gs)