Pungli Marak di Jl. Kapten Muslim, Penjual HP Jadi Sasaran

sentralberita | Medan ~ Sudah jatuh tertimpa tangga. Pepatah itu mungkin pantas menggambarkan nasib para penjual handphone (HP) dan tukang servis elektronik di Kota Medan. 

Selain terdampak PPKM Darurat, para penjual HP yang kini berjualan di pinggir jalan protokol malah jadi sasaran pungutan liar (pungli) oknum organisasi kepemudaan.

Pungli terhadap para penjual dan teknisi HP itu terekam video amatir warga. Dalam video itu, pungli diketahui terjadi di Jalan Kapten Muslim, Kota Medan, Rabu (21/7/2021) sore.

Tak segan-segan, pelaku pungutan liar ini juga kerap mengancam para penjual handphone jika tidak memberikan uang atau jika uang yang diberikan tidak sesuai dengan yang mereka minta.

“Kalau di sini (Jalan Kapten Ismail) kan memang khusus untuk jualan HP. Jadi ya mereka (pelaku pungli) nyarinya ke sini,” kata penjual HP, Nurul.

Aksi pungli tersebut diduga sudah sering terjadi. Dalam setiap aksinya, pelaku meminta uang sebesar Rp20.000 kepada setiap penjual handphone yang ada di pinggir jalan tersebut. Kondisi itu membuat para penjual handphone resah. Mereka berharap polisi dapat menangkap pelaku pungutan liar.(in)