Bupati Tapsel, Tolong Bawa Dan Sampaikan Aspirasi Kami

sentralberita | Tapsel ~ Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu, menyampaikan berbagai aspirasi kepada Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) guna disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu). Sebab, Pemkab Tapsel masih sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dalam mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Tolong bawa dan sampaikan aspirasi kami. Masih banyak yang harus dibenahi, baik di bidang infrastruktur dan suprastruktur,” kata Dolly saat menerima kunjungan kerja Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD Sumut asal dapil Sumut VII di Aula Kantor Bappeda Tapsel, Rabu, kemarin.

Selain itu, dihadapan para legislator Sumut, Bupati juga memaparkan gambaran umum Tapsel. Dikatakannya, indeks pembangunan manusia (IPM) mulai 2016 hingga 2020 Tapsel, terus naik. Terakhir, pada 2020, Tapsel berada di posisi 70,12.

Kemudian, indeks pendidikan mencapai 67,71. Angka rata-rata tamat sekolah 9,28 tahun. Harapan usia lama sekolah 13,24 tahun. Sedangkan, usia harapan hidup 64,91 tahun.

Selanjutnya kata dia, angka kemiskinan juga turun. Pada 2019, angka kemiskinan mencapai 24,22 dan pada 2020 turun menjadi 23,98. Yang cukup membanggakan disektor pertumbuhan ekonomi. Ketika banyak daerah mengalami penurunan, pertumbuhan ekonomi Tapsel malah mengalami tren positif berada di 0,39 persen dan gini rasio 0,2.

” Semua itu tidak lepas dari kerjasama dan dukungan semua pihak,” ucapnya.

Pun demikian, masih banyak yang harus diperbaiki. Karenanya, kami berharap melalui kedatangan Bapak Ketua dan Wakil Ketua serta kawan-kawan DPRD Sumut asal Dapil Sumut VII yang sudah melihat langsung kondisi Tapsel, bisa menyampaikannya kepada Pemprovsu.

” Bapak dan kawan – kawan anggota DPRD Sumut adalah wakil kami. Tolong sampaikan dan perjuangkan aspirasi kami,” ujarnya.

Usai mendengar pemaparan Bupati, Ketua DPRD Sumut, Baskami menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Tapsel. Dia, meminta langsung semua anggota DPRD Sumut asal Dapil Sumut VII mencatat dan menampung aspirasi yang telah disampaikan bupati.

Selanjutnya, rekan-rekan harus mengupayakan agar aspirasi itu dimasukkan dalam Musrenbang Provsu. Harapannya, kelak apa yang disampaikan daerah bisa terealisasi.

” Saya minta, semua aspirasi yang disampaikan kabupaten/kota dimasukkan di Musrenbang Provinsi Sumut. Dan kalau ada, fotocopy dari program yang diusulkan juga diberikan ke kami agar nanti dibagikan kepada semua anggota DPRD Sumut. Sehingga, semua bertanggungjawab,” ujarnya.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution, Anggota DPRD Provinsi Sumut Dapil Sumut VII, Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Sumut, Pimpinan OPD Tapsel, Kepala Bagian dan lainnya. (Par/red).