Santap Jamur Hidangan Buka Puasa, Sekeluarga di Binjai Keracunan Massal

sentralberita | Binjai ~ Nasib malang dialami satu keluarga di Jalan Tengku Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Lima orang yakni kedua orang tua serta tiga anak mengalami pusing, mual dan muntah-muntah.

Diduga mereka keracunan makanan berbahan dasar jamur. Meski kondisi berangsur pulih, hingga saat ini mereka masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit dr Djoelham Binjai, dikutip Minggu (2/5).

Informasi dihimpun, peristiwa yang menimpa sekeluarga ini terjadi pada Kamis 29 April 2021 kemarin.

Saat itu, Sugi Hartati (39), yang juga Ketua Forum Komunikasi Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK-PUSPA) Kota Binjai Memasak jamur untuk disantap saat berbuka puasa bersama sang suami, Agus Santoso (40), serta ketiga putri mereka yakni Nayla Asti Aulia (15), Nadiendra Astina Rizky (13), dan Nayshiffa Astina Brilianty (10).

Nahas, usai menyantap hidangan itu, kepala mereka menjadi pusing dan mengalami mual serta muntah-muntah. Melihat kondisi yang tidak lagi normal. Mereka meminta pertolongan kepada warga dan keluarga sekitat.

Hingga akhirnya harus dilarikan ke rumah sakit guna mendapatkan pertolongan dan perawatan. “Sudah dikroscek dan memang betul adanya,” kata Kepala Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan Anak dan Masyarakat (P3AM) Kota Binjai, Rudi Iskandar Baros ST.

Sejauh ini, jelas dia, untuk orang tua dirawat di Ruang Nusa Indah RSUD Dr RM Djoelham, Kota Binjai. Sedangkan ketiga putri mereka dirawat di ruang perawatan khusus anak pada rumah sakit yang sama.

“Diharapkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam mengelola bahan pangan jamur khususnya yang ditemukan disekitar perkarangan rumah,” himbau Rudi, yang juga mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Binjai tersebut.

Dikutip dari beberapa sumber, jamur memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Jamur juga mengandung kalori dan mineral cukup tinggi. Di mana lemak yang dihasilkan saat mengonsumi rendah, tapi kandungan proteinnya tinggi, sehingga jamur baik dikonsumsi bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Namun tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi. Ada beberapa jamur yang memang tidak dapat atau tidak layak dikonsumsi. Berikut ini ciri-ciri jamur yang dapat dikonsumsi.

  1. Warna tubuh buah tidak bervariasi. Biasanya hanya berwarna putih dan cokelat
  2. Tidak mengeluarkan aroma amoniak
  3. Tidak memiliki cincin pada pangkal batangnya
  4. Sudah dibudidayakan dan dijual di pasar tradisional ataupun supermarket
  5. Tidak menghasilkan noda saat dipotong
  6. Tidak terjadi perubahan warna saat dimasak. (idn)