Kunjungi BNN, US-DEA Berikan Dukungan dan Siap Perkuat Kerja Sama

sentralberita | Jakarta ~ Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose hari ini Senin, 3 Mei 2021 menerima kunjungan kerja Country Attache US-DEA untuk Indonesia, Mr. Bryan M. Barger, di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur. Kunjungan kerja DEA ke kantor BNN ini merupakan kali pertama sejak Dr. Petrus Reinhard Golose dilantik sebagai Kepala BNN RI oleh Presiden Jokowi pada akhir tahun 2020 lalu.

Dalam kunjungan kerjanya Country Attache, Mr. Bryan M. Barger yang didammpingi oleh asisten Country Attache DEA untuk Indonesia, Mr. Matthew W. Scheitlin, dan investigator DEA, Mr. Victor Leonard Hutapea menyampaikan dukungannya kepada Kepala BNN RI. Perwakilan DEA tersebut berharap dapat terus bekerja sama dengan BNN dalam memerangi peredaran gelap narkotika.

Kerja sama antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Drug Enforcement Administration (DEA) memang bukanlah hal yang baru. BNN dan DEA diketahui telah memikiki kerja sama sejak BNN menyelenggarakan IDEC Far East Kawasan asia Pasifik di Batam Tahun 2010.

Selain kerja sama tersebut, BNN dan DEA juga telah bekerjasama dalam pengembangan personel melalui program-program pelatihan. Adapun program yang pernah dilaksanakan diantaranya pelatihan bagi para penyidik BNN dalam Advanced Narcotics Investigation Course pada tahun 2019 dan Pelatihan Investigasi pada tahun 2020 di Lido, Jawa Barat.

Kerja sama yang telah terjalin lama antara BNN dan DEA tersebut diharapkan dapat diperkuat untuk dapat menghadapi tantangan global terkait penyelundupan narkotika. (01/red)