Jalan Rusak dan Sampah Menumpuk di Gang Kurnia Sari Rejo Diperbaiki Sehabis Libur Lebaran

Camat Medan Polonia Amran Rambe memimpin pembersihan sampah di Gang Kurnia, Jalan Cempaka, Selasa (11/5/21).

sentralberita|Medan~Jalan rusak serta permasalahan sampah menumpuk di Gang Kurnia Jalan Cempaka, Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia akan segera diperbaiki sehabis libur lebaran.

Camat Medan Polonia Amran Rambe mengatakan, penanganan sampah dan jalan di Gang Kurnia akan menjadi prioritas mereka. Rencana anggaran biaya perbaikan sudah diajukan.

“Ketika anggarannya cair, itu yang akan jadi prioritas. Ini tinggal teknisnya mudah-mudahan sehabis libur lebaran ini langsung dikerjakan,” kata Amran di lokasi Selasa (11/5/21).

Dijelaskannya, jalan tersebut rencananya akan diperbaiki. Juga akan dilakukan normalisasi saluran air.
Sembari menunggu anggaran cair, saat ini pihak kelurahan dan kecamatan terus membersihkan lokasi dari sampah dengan gotong-royong bersama warga.

Dalam kesempatan itu, Amran mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Persoalan sampah ini adalah persoalan bersama. Perlu kerjasama pemerintah dan masyarakat. Diakuinya, dalam penanganan sampah khususnya di Kecamatan Medan Polonia memiliki kendala armada petugas kebersihan.

Saat ini, di Kelurahan Sari Rejo dengan jumlah 9 lingkungan dengan sekitar 27 ribu penduduk, jumlah becak sampah hanya ada dua armada.

“Petugas kebersihan sebetulnya sudah bekerja, cuma terkendala armada hanya dua. Karenanya kita sudah memohon kepada pemerintah kota untuk bisa menambah armada sampah,” ungkapnya.

Sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau Gang Kurnia dan berjanji akan mengatasi persoalan warga. Permasalahan warga adalah lokasi lahan kosong di Gang Kurnia itu dijadikan tempat pembuangan sampah selama bertahun-tahun.

Akibatnya, sampah menumpuk di lokasi dan menyebabkan saluran air tertutup sampah. Air pun meluap ke jalan. Wali Kota Bobby pun memanggil Camat Medan Polonia Amran Rambe dan Lurah Sari Rejo Nurainun.

Camat dan Lurah kemudian menindaklanjutinya dengan membersihkan sampah di lokasi. Namun untuk perbaikan jalan dan normalisasi saluran air tidak bisa dilakukan langsung sembari menunggu anggaran cair. Saat ini, anggaran perbaikan telah diajukan.(SB/01/rel)