Ikal SMP Negeri 3 Medan Korwil Sumatera, Berbagi Berkah Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Quran

sentralberita|Medan~Untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama Alumni. Ikal SMP Negeri 3 Medan Korwil Sumatera mengadakan tiga event sekaligus yakni Khataman Alquran, Berbagi Berkah Ramadhan sekaligus Memperingati Malam Nuzulul Quran, Sabtu, 30 April di Sekretariat Ikal, Jl Jermal XIV Medan.

“ Sebenarnya event di atas sudah beberapa kali dilakukan tetapi terpisah-pisah waktunya,” kata ketupat ( Ketua Panitia ), Liza Fitriana, saat ditemui Sentralberita.com diselah-selah acara.

Menurut Liza, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya agar meningkatkan kepedulian terhadap sesama Alumni. “ Ini adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita,”jelas Liza.

Alhamdulillah, kata Liza, target awalnya kegiatan ini diadakan secara garis besarnya sudah mencapai target. “ Panitia sudah menyalurkan paket Ramadhan sebanyak 464 paket dan uang rp 100 ribu untuk Alumni yang kurang beruntung,. Dari target awal cuma 350 paket. Paket Ramadhan diperoleh dari donasi para Alumni dan dibagikan pada para Alumni yang berhak untuk mendapatkannya,” ujar Liza menambahkan Alumni yang di berikan berupa sembako dan uang tunai.

Alumni yang nama-namanya sudah terdata mulai dari Alumni Angkatan 73’ hingga Alumni angkatan tahun 95’.

Selain itu, para Alumni juga melakukan Amalan Tilawah Alquran dan sekaligus melakukan Pengkhataman Alquran pada hari yang sama. “ Kami para Alumni sering melakukan Amalan Tilawah Alquran yang kami tujukan buat para guru dan para Alumni yang telah mendahului kita.

Untuk ke depannya, akan terus dilakukan secara berkala/periodik sehingga menumbuhkan semangat cinta Alquran dalam diri para Alumni,” cetus Liza didampingi Sekretaris, Lusiana dan Bendahara Susilawati.

Menjelang berbuka, Ustadz Musdar Bustamam Tambusai, Lz memberikan Tausyah sesuai dengan thema acara, ‘ Dengan Semangat Cinta Alquran Kita Tingkatkan Kepedulian Antar Sesama’. Ustadz yang istrinya juga Alumni SMP Negeri 3 Medan ini dalam Tausyah nya mengangkat thema cinta Alquran.

Menurut Liza, walau pun prepare/persiapan acara ini dilakukan dalam tempo waktu yang singkat. Karena,” masing-masing koordinator dan panpel yang terlibat di dalamnya memiliki rutinitas sehari-harinya yang tak dapat ditinggalkan. Alhamdulillah semua bisa terlaksana sesuai dengan rencana. Sama seperti renungan ketika orang sudah bergerak di jalan Allah, maka kita akan diberikan kemudahan dan bantuan dari berbagai arah dengan tidak disangka-sangka,” tutup Liza yang diiyakan oleh Lusi dan Susi.

Sementara itu Ketua Ikal Korwil Sumatera, Zainal Arifin mengatakan bagi para Alumni yang mendapatkan paket Ramadhan ini diharapkan jangan diambil fotonya. Karena,” itu semua menjatuhkan harkat dan martabat mereka. Kalau bisa berikanlah pada mereka secara sembunyi-sembunyi. Karena semua yang kita lakukan ini berdasarkan ikhlas semata dari Alumni yang sudah menyumbang,” papar Zainal panjang lebar.

Pada hari ini Minggu, 2 Mei 2022, Alumni SMPN 3 khusus Angkatan 83’ juga mengadakan Silahturrahmi serta menyerahkan paket berbagi berkah Ramadhan Ikal SMP Negeri 3 Medan, Korwil Sumatera dari Koordinator Alumnus 83’ kepada teman-teman Alumnus 83’ di SD Taman Harapan, Jl Seksama Medan.( Debbi Safinaz )