Puluhan Rumah di Serdang Bedagai Rusak Parah Kena Puting Beliung

sentralberita | Sergai ~ Puluhan rumah di 11 desa dalam enam kecamatan di Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) rusak diterjang hujan deras yang disertai angin puting beliung.

Dikutip Minggu (25/4), Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. 

Peristiwa ini terjadi pada Jumat (23/4/2021) malam sekira pukul 21.00 WIB. Data sementara, terdapat 59 unit rumah rusak berat dan ringan akibat diterpa angin puting beliung. 

Selain puluhan rumah warga, angin puting beliung juga merusak kubah dan plafon surau (masjid) tuo yang ada di Dusun Kampung Padang, Desa Kesatuan, Kecamatan Perbaungan.   

Data rinci rumah yang rusak akibat bencana ini yakni 18 unit di Kecamatan Perbaungan, tujuh unit di Teluk Mengkudu, delapan unit di Tanjung Beringin, lima unit di Kecamatan Sei Rampah, tiga unit di Sei Bamban serta 18 unit rumah di Kecamatan Pantai Cermin.
 
Seorang korban warga Desa Lubuk Dendang, Kecamatan Perbaungan, Bastiah mengatakan, saat peristiwa terjadi, dirinya sedang berada di rumah orang tuanya di sebelah rumah. Saat itu, dia mendengar suara benda jatuh.

“Saya tidak menduga bahwa suara tersebut merupakan seng rumah yang jatuh,” katanya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Teluk Mengkudu, Sri Rahayu mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai. 

“Laporan belum masuk semua, jadi kami tinjau lapangan. Kami meminta masyaralat bergotong royong membenahi kerusakan secara darurat,” katanya. 

Usai kejadian, warga secara bergotong royong menyelamatkan sejumlah material rumah yang masih bisa dipakai kembali. Sementara sejumlah bantuan daurat juga telah berdatangan dan dibagikan kepada warga yang rumahnya rusak akibat di terjang angin puting beliung.
(In)