Pemkab Serdang Bedagai Komitmen Gali Potensi Wisata Pulau Berhala

sentralberita | Seirampah  ~ Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berkomitmen terus menggali potensi wisata di Pulau Berhala sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk lebih banyak lagi berkunjung.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya di Seirampah, Rabu, mengatakan, pihaknya berharap kedepannya Pulau Berhala dapat menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan alternatif wisata bahari bagi keluarga.

Untuk itu berbagai upaya terus dilakukan untuk menggali berbagai potensi yang ada di pulau yang berada di Selat Malaka tersebut.
Ia juga menyampaikan rencana Pemkab Serdang Bedagai untuk memaksimalkan potensi Pulau Berhala mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Hal ini terlihat dalam rapat koordinasi dengan tim dari Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan yang digelar di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Serdang Bedagai.
Ia menyampaikan ketakjubannya terhadap keindahan Pulau Berhala yang sudah acap ia kunjungi.

Termasuk saat ia secara langsung melihat momen saat penyu bertelur di malam bulan purnama di Pulau Berhala yang dinilai sangat berkesan dan dapat dijadikan salah satu objek unggulan wisata bahari di sana.

“Dalam RTRW Kabupaten Sergai, kawasan Pulau Berhala juga diarahkan sebagai kawasan konservasi penyu, terumbu karang dan jenis burung migran,” katanya.

Sebelumnya Koordinator Kelompok Pulau-Pulau Kecil dan Terluar, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Ahmad Aris menyampaikan pihaknya memiliki rencana untuk menggali dan memanfaatkan potensi Pulau Berhala, terutama dalam bidang Eco Marine Tourism.

“Kami sudah menerapkan hal yang sama di Pulau Nipah, Kota Batam, yang juga termasuk salah satu pulau terluar yang ada di perbatasan wilayah laut Indonesia. Saya lihat Pulau Berhala ini punya ikon tersendiri untuk wisata Bahari,” katanya. (01/red)