Pakpak Bharat Peringati Hari Otonomi Daerah XXV

Pakpak Bharat ~ “Selamat Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021,Bangun Semangat Kerja dan tingkatkan Gotong Royong dimasa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat,ekonomi daerah bangkit dan indonesia maju” .

Demikian disampaikan oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Berhard Tumanggor saat pelaksanaan puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021,yang diikuti secara virtual dari Gedung Balai Sada Arih,Komplek Perkantoran Indah Sindeka Salak, dikutip Selasa (27/04).

Bupati Franc berpendapat jika peringatan hari otonomi daerah ke XXV tahun ini bukanlah hanya rutinitas semata, tetapi perayaan ini merupakan moment penting untuk mengingat kembali tujuan otonomi daerah dalam pembangunan daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta momen dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 secara virtual dari Gedung balai Sada Arih,Komplek Perkantoran Indah Sindeka Salak tersebut juga dihadiri oleh wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Solin, perwakilan Dandim 0206/DR, Waka Polres Pakpak Bharat,mewakili Kejari Dairi-Pakpak Bharat, mewakili PN Sidikalang,Sekda Pakpak Bharat dan para Asisten di lingkungan Pemkab Pakpak Bharat.

Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin yang membuka lansung puncak Perayaan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 dalam arahannya mengatakan,bahwa tema perayaan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021,yaitu Bangun Semangat Kerja dan tingkatkan Gotong Royong dimasa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat,ekonomi daerah bangkit dan indonesia maju, sangatlah tepat karena inspiratif dan konstektual.

Untuk itu wapres menyampaikan apresiasi kepada kementrian dalam negeri,kepala daerah,perangkat daerah,penyenggara pilkada serta masyarakat atas kontribusinya karena keberhasilan terselengganya pilkada lancar,tertib,aman terkendali dalam kondisi Covid-19.

Keberhasilan tersebut menjadi suatu bukti bahwa pemerintahan tetap berjalan dan produktif sehingga pilkada merupakan agenda utama pembangunan Demokrasi dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mengatakan  Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 merupakan moment yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah dimasa yang akan datang dalam filosofi kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaran pemerintah dengan memindahkan fokus pemerintahan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah disertai dengan memberi kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol. (Purn.) Prof. H.Muhammad Tito Karnavian,Ph.D. menjelaskan,Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 seyogianya dilaksanakan pada tanggal 25 April namun karena berhubung pas hari libur/Minggu maka acara peringatan dilaksanakan pada hari Senin (26/04).

Tito Karnavian, mengatakan perlu penegasan akan pentingnya otonomi daerah,keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah tentu menjadi modal besar untuk citra indonesia yang lebih maju dan sejahtera.(hc)