Jelang Jumat Agung dan Paskah, HMI Sumut Ajak Ormas Jaga Kondusifitas

sentralberita | Medan ~ Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut), M Alwi Hasbi Silalahi, mengajak seluruh masyarakat dan Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk bersama menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang peringatan Jumat Agung 2 April 2021 dan Paskah 4 April 2021.

“Kami mengajak dan mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dan Organisasi Masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat pada peringatan Jumat Agung dan paskah 2021 ini,” kata Hasbi, Kamis (01/04/2020).

Katanya, ajakan itu merupakan salahsatu sikap bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan.

“Peringatan Jumat Agung dan Paskah ini perlu kita jaga keamanan dan ketertibannya secara bersama. Ini adalah salahsatu cara kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan ini juga wujud dari Bhineka Tunggal Ika itu sendiri,” sambungnya.

Dia mengatakan, saling menghargai antar ummat beragama adalah ruh dari Indonesia sebagai negara yang toleransi.

“Sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai toleransi keamanan pada peringatan keagamaan juga harus terjamin,” tandas Hasbi.

Sekadar informasi, umat Kristen Katolik akan memperingati rangkaian ibadah Paskah. Malam ini, mereka akan melaksanakan ibadah Kamis Putih.(01/red)