Jadi Tersangka Suap Penyidik KPK, Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial Koleksi Banyak Motor Lawas Honda

sentralberita | Medan ~ Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara bernama M Syahrial, ditetapkan menjadi tersangka dugaan kasus penyuapan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia diduga menyuap oknum penyidik KPK dari Polri dengan uang senilai Rp 1,3 miliar, agar penyidikan kasus jual 
beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bisa dihentikan.

Saat ini, M Syahrial diketahui sedang ditahan untuk sementara waktu di rutan KPK guna kepentingan penyidikan kasus suap yang menjeratnya.

Terlepas dari kasus yang menjeratnya, Wali Kota Tanjungbalai itu ternyata punya sejumlah koleksi kendaraan di garasi miliknya.

Hal ini kami ketahui melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dilaporkan Syahrial pada 4 Februari 2021 lalu.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa M Syahrial memiliki enam motor dan empat mobil di garasinya dengan total taksiran nilai sebesar Rp 1,782 miliar.

Lebih rincinya dimulai dari koleksi motornya, yakni sebuah Vespa rakitan 1978 yang tidak diketahui secara pasti varian dan tipenya dengan nilai sekitar Rp 17 juta.

Kemudian ada sejumlah motor lawas buatan pabrikan Honda, seperti Honda CG110 lansiran 1974, Honda C100 produksi tahun 1995, Honda 90Z buatan 1966 dan Honda C70 rakitan 1976 yang mengisi garasi milik Syahrial.

Adapun masing-masing motor lawas Honda itu punya nilai sebesar Rp 10 juta.

Selain itu, M Syahrial juga punya koleksi motor gede (moge) besutan Harley-Davidson lansiran 2012 yang ditaksir punya nilai Rp 390 juta.

Tidak diketahui secara detail terkait varian dan tipe Harley-Davidson yang dimiliki oleh Wali Kota Tanjungbalai ini.

Beralih ke koleksi mobil milik Syahrial, dimulai dari Mitsubishi Strada Triton buatan 2008 yang punya nilai Rp 310 juta.

Berikutnya Honda CR-V rakitan tahun 2018 dengan nilai Rp 365 juta juga mejeng di garasi Syahrial.

Selanjutnya ada Jeep Wrangler produksi 2008 yang juga dikoleksi Wali Kota Tanjungbalai itu dengan taksiran nilai Rp 440 juta.

Terakhir ada sebuah sedan besutan Mercedes-Benz buatan 1965 yang punya nilai Rp 220 juta.

Sayangnya tidak diketahui secara pasti varian dan tipe sedan Mercedes-Benz yang dimiliki oleh Syahrial.(go)