Harga Daging Ayam Ras di Medan Mulai Naik, Pemesanan hingga ke Aceh

sentralberita | Medan ~ Harga daging ayam ras di Medan mulai merangkak naik jelang Ramadan per hari ini, Minggu (4/4/2021).

Tercatat, harga daging ayam sudah menyentuh harga Rp 26 ribu perkilogram. 

Padahal, berdasarkan informasi dari Regar, pemilik rumah potong ayam di Pusat Pasar Medan, bahwa harga daging ayam pada Senin (29/3/2021) kemarin masih berada di harga Rp 23 ribu per kg.

Regar mengungkapkan bahwa kenaikan harga ini lantaran stok yang ada saat ini sudah mulai menipis.

“Harga naik 30 persen sejak Jumat karena stok sudah menipis. Ini terus bakal naik pas mau Ramadan,” kata Regar.

Dia mengatakan, untuk meminimalisir kelangkaan ini, Regar mengambil pasokan hingga ke Aceh lantaran ayam di Medan belum siap untuk dijual.

“Stok kita memang dari Medan, tapi karena susah saat ini, dua hari belakangan kami ambil ke Aceh. Karena stok di sini masih kecil-kecil jadi belum layak dijual,” terang Regar.

Jelang Ramadan seperti sekarang ini, Regar mengatakan bahwa daya beli masyarakat bisa dibilang masih stabil.

“Kalau stok untuk Ramadan ada nanti dibuka lagi, tapi kalau harga akan terus naik bisa itu nanti di harga Rp 35 ribu. Ini aja sudah naik terus,” tuturnya.

Senada disampaikan Didi, penjual ayam eceran di Pasar Sore Lau Dendang.

Didi mengatakan, harga daging ayam terus naik, dan stoknya mulai langka.

Didi pun mematok harga Rp 27 ribu per kilogram, setelah sebelumnya sempat mematok harga Rp 23 ribu pada Rabu (31/3/2021) kemarin.

“Kenaikan harga kali ini terbilang tinggi. Padahal hari Senin lalu kita jual harga Rp 20 ribu, sekarang sudah di Rp 26 ribu. Kata bos memang lagi susah cari barangnya, jadi ini agak dinaikkan dulu lah,” kata Didi.

Kenaikan harga daging ayam ras ini juga berdampak pada pedagang makanan, khususnya penjual ayam penyet. 

“Kaget juga kita sampai dua kali naik harga. Ya kalau dari sisi penjualan pasti berpengaruh lah, karena kan kita jualan dengan harga murah, kalau gini kan untung cuma dapat dikit. Ya paling potongannya ajalah agak kita kecilkan sedikit. Apalagi ini mau Ramadan, takut juga melonjak kan, ya semoga masih bisa dijangkau,” pungkasnya. (tc)