Gubsu : Harga Bahan Pokok Selalu Naik Jelang Ramadhan

sentralberita | Medan ~ Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi 
mengecek harga-harga bahan pokok di Pasar Sei Sikambing, Medan. Edy mengatakan ada sejumlah bahan pokok yang naik menjelang bulan Ramadhan.

“Kebiasaan di tempat kita, kalau menjelang hari-hari besar, langsung harga itu naik. Padahal saya sudah tahu, belum ada waktunya untuk naik,” kata Edy saat meninjau pasar, dikutip Sabtu (10/4).

Edy menyebut harga bahan pokok yang naik antara lain telur dan daging. Harga sayur-mayur di pasar ini juga merangkak naik.

“Saya hitung secara kasar, ada bawang merah, cabai merah, bawang putih, cabai rawit mulai merangkak naik, telur juga merangkak naik,” ucap Edy.

“Daging tadi juga sudah ada yang sampai Rp 130 ribu. Alasannya klasik, harga makanan ternak naik. Nanti kalau habis Lebaran makanannya tak naik lagi,” imbuhnya.

Edy mengatakan bakal memantau kenaikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan. Dia meminta tidak ada oknum yang memainkan harga hingga merugikan warga.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengatakan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok masih normal. Menurutnya, pedagang menaikkan harga kebutuhan pokok masih melihat perkembangan ekonomi masyarakat Kota Medan.

“Harganya masih dihitung wajar kenaikannya, itu kita bilang masih dalam tahap normal. Karena mungkin pedagang pasar ini tahu juga, perputaran ekonomi yang ada di Kota Medan. Jadi mereka menaikkannya di ambang batas wajar,” jelas Aulia.(dtc)