Dedy Gurning: Holding Perkebunan Tahu CPO Keluar dari PKS Malam Hari

sentralberita | Pagarmerbau ~ Semua barang keluar yang diangkut mobil, baik siang dan malam hari termasuk mobil tangki yang mengangkut Crude Palm Oil (CPO) dari Pabrik Kelapa Sawit (CPO) seizin dari Holding Perkebunan.

Demikian disampaikan Kabag Tehnik dan Pengolahan PTPN2, Dedy Gurning disela-sela kegiatan gelar vaksin di Puskesmas Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, baru-baru ini.
Saat dipertanyakan, Dedy Gurning tidak menjelaskan siapa orang Holding Perkebunan yang sudah mengetahui dan mengizinkan keluar masuknya mobil tangki bermuatan CPO keluar malam hari.

Sementara itu, aturan yang berlaku di PTPN2 bahwa mobil tangki yang mengangkut Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah tidak boleh keluar dari PKS lewat dari pukul 17:00 Wib setiap harinya.

Sebelumnya, Menejer PKS TGPM PTPN2 Jaya Bana Sembiring saat dikonfirmasi mengatakan, hampir tiap malam mobil tangki bermuatan CPO keluar dari PKS Pagar Merbau PTPN2 sesuai jadwal.

Namun, Sebenarnya tidak boleh mobil tangki bermuatan CPO keluar dari
PKS lewat dari pukul 17:00 Wib.
Kadang ada mobil tangki keluar malam, itu untuk mengejar target DO jangan sempat mati (kadaluarsa DOnya) dan biar cepat selesai. Dan semua itu tidak ada permainan, sudah sesuai aturan di PTPN2 dan Holding.

Kemudian, setiap mobil tangki bermuatan CPO keluar dari PKS, pihak Kandir PTPN2 telah mengetahui, dan timbangan langsung tersambung ke Kandir PTPN2 hingga ke Holding, kata Jaya.

Kemudian diakui Jaya, setiap kontrak dengan pihak ketiga, bisa saja ada sisa CPO tinggal setengah tangki yang belum terangkut. Padahal DO mereka sudah mati. Jadi biar CPO yang setengah tangki dapat terangkut, maka CPO tersebut ditumpangkan ke mobil tangki yang kontrak lain.

Kemudian, para supir mobil tangki takut membawa CPO setengah tangki, dengan alasan mobil tangki tersebut goyang kalau jalan, terpaksa mobil tangki diisi penuh, kata tanpa merinci CPO yang setengah tangki, transaksinya tidak diketahui.

Jaya menambahkan, kalau mobil tangki bermuatan CPO keluar dari PKS dan berhenti diluar pagar PKS, itu tanggungjawab supir dan bukan tanggungjawab PKS lagi. (hc)