ASN Kanwil Kemenagsu Berbagi Zakat Profesi

sentralberita|Medan~Kakanwil Kemenag Sumut Drs H Syahrul Wirda MM mengungkapkan sinergitas antara Kanwil Kemenag Sumut dan Baznas bisa meningkatkan terkumpul nya jumlah zakat.

” Selama ini yang digarap oleh Baznas Sumut kan zakat profesi dari ASN saja nah dengan adanya sinergitas antara Kanwil Kemenag Sumut maka potensi sumber zakat lainnya bisa kita kumpulkan. Contohnya zakat dari pedagang emas, pengusaha, petani dan lainnya,” kata Syahrul kepada wartawan Rabu (28/4/2021).

Di dampingi Kabid Penais dan Hazawa H Abdul Azhim Syahrul mengungkapkan potensi zakat di Sumut sangatlah besar namun belum tergarap denhan baik dengan adanya sinergitas ini kita bisa mengumpulkan zakat- zakat itu untuk disalurkan ke mustahik.

Untuk penyaluran zakat itu kita jangan hanya terfokus pada yang konsumtif saja akan tetapi kita harus menyalurkan kepada yang produktif. Karena dengan produktif maka akan menggerakkan usaha dan ini bisa meningkatkan taraf hidup,” kata Syahrul.

Syahrul mencontohkan bantuan yang produktif itu seperti pemberian modal usaha untuk pedagang kecil , UMKM yang semuanya itu untuk menggerakkan ekonomi.

Sementara itu Kepala Baznas Sumut Drs H Amansyah Nasution mengungkapkan untuk tahun ini Baznas Sumut mengalokasikan Rp 1 Miliar untuk bantuan zakat produktif. (SB/DN)