“Terima Kasih Pak Wali Cepat Tanggap Atasi Banjir di Simalingkar”

sentralberita|Medan~Warga kawasan Jalan Jahe Raya persisnya dekat Pasar Simalingkar, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan sangat mengapresiasi atas gerak cepat Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM yang langsung turun meninjau lokasi banjir bersama Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution setelah mendapat informasi dari warga.

Ditambah lagi, Wali Kota langsung menginstruksikan OPD terkait dan Kecamatan Medan Tuntungan untuk berkolaborasi mengatasi banjir tersebut.

Pasca peninjauan Wali Kota, OPD terkait dan Kecamatan Medan Tuntungan selama 4 hari ini terus bekerja sama untuk mengatasi banjir. Cover beton yang dibangun warga menutupi permukaan parit langsung dibongkar dengan menggunakan satu unit alat berat. Pembongkaran itu dilakukan karena cover beton menghambat air masuk ke dalam parit sehingga memicu banjir yang selama ini sering terjadi.

“Kita sangat mengapresiasi kepada Bapak Wali Kota karena cepat tanggap untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi di kawasan ini. Kami sudah lama merasakan banjir setiap hujan deras turun.

Dengan gerak cepat ini, semoga banjir dapat diatasi. Apa yang dilakukan Bapak Wali Kota ini sangat mantap,” Situa T Sijabat, salah seorang warga sekitar saat ditemui, Selasa (30/3/2021).

Sijabat menambahkan, selama ini belum ada Wali Kota yang mendatangi kawasan tempat tinggal mereka, terutama saat banjir terjadi. “Kali ini begitu Bapak Wali Kota menerima laporan kawasan ini banjir, beliau langsung datang bersama Ibu Wali Kota.

Ini bukti bahwa beliau bersama ibu sangat peduli dengan warga yang terdampak banjir. Terbukti, besoknya petugas langsung bekerja untuk mengatasi banjir di kawasan ini. Di samping itu, kami warga sekitar bisa mengenal beliau,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, para pekerja masih terus membersihkan sisa tanah dan material hasil pembongkaran cover beton. Satu unit excavator mini terlihat terus melakukan pembersihan dan tanah beserta material langsung ditempatkan ke dalam truk untuk selanjutnya dibuang ke lokasi pembuangan. Pengerjaan ini diawasi langsung Lurah Mangga Wandro Malau.

“Hari ini, hari keempat tindak lanjut dari kedatangan Bapak Wali Kota ke Perumnas Simalingkar pada saat banjir terjadi di Jalan Jahe Raya. Saat ini telah dilakukan pembongkaran titi (cover beton) yang menutupi parit. Pengerjaan berjalan dengan lancar dan warga sekitar sangat mendukungnya karena meminimalisir terjadinya banjir di kawasan ini,” papar Wandro.

Seperti diketahui, usai menutup MTQ ke 54 Kota Medan 2021, Selasa (23/3), Wali Kota begitu mendapat laporan dari masyarakat langsung turun meninjau lokasi bersama sang istri yang juga Ketua TP PKK Kota Medan untuk melihat sekitar 15 rumah warga yang terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 60 meter. Wali Kota dan istri menerobos banjir untuk melihat rumah warga tersebut.

Selain menginstruksikan OPD terkait dan Kecamatan Medan Tuntungan untuk cepat mengatasi banjir, Wali Kota juga berkomunikasi dengan warga agar cover beton yang menutupi parit dan sebagai penyebab banjir dibongkar. Warga pun mendukung upaya Wali Kota dan bersedia cover beton. (SB/01)