Tarik Tunai di ATM Tinggal Pindai Wajah

sentralberita | Jakarta ~ Lupa membawa kartu ATM Anda? Tenang, di masa depan nasabah tak akan lagi dipusingkan dengan permasalahan ini. Nantinya, tarik tunai di ATM cukup bawa badan saja. Sebab tarik tunai di masa depan bisa dilakukan dengan teknologi pindai wajah saja.

Hal itu akan segera diterapkan oleh Bank OCBC Singapura. Dalam pengumumannya hari ini, dikutip Jumat (19/3), OCBC mengatakan akan memungkinkan verifikasi wajah untuk transaksi bank di ATM-nya.

Untuk implementasi awalnya, peluncuran biometrik wajah untuk layanan ATM ini akan diterapkan di 8 ATM OCBC terpilih di Singapura mulai hari Jumat (19/3) besok. Namun, untuk tahap awal ini, transaksi yang bisa diakses lewat pindai wajah tersebut baru terbatas pada transaksi pengecekan saldo saja.

Berikut lokasinya:

  • OCBC Tampines Centre Two
  • Taman Jurong Shopping Centre
  • Great Eastern, Pickering Street
  • OCBC Tampines Centre One
  • HDB Hub Level 1
  • 103 Yishun Ring Road
  • OCBC Campus
  • Geylang Road 7-Eleven

Selanjutnya, dikutip dari CNA, OCBC rencananya akan memperluas penerapan teknologi verifikasi wajah untuk penarikan tunai ini ke 550 ATM di Singapura secara bertahap mulai Juni 2021 mendatang.

Kemudian, fungsinya juga akan diperbanyak. Pindai wajah ini tidak hanya bisa dipakai untuk cek saldo saja, OCBC secara bertahap akan terus mengupdate teknologi tersebut sampai bisa digunakan untuk semua jenis transaksi ATM lainnya, seperti tarik tunai, setoran tunai, transfer dana ke bank lain, top-up kartu tunai, dan pembayaran tagihan kartu kredit. Hal ini akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan.

Meskipun ada pergeseran ke perbankan digital, OCBC mengatakan penggunaan ATM tetap tinggi, dengan lebih dari 2 juta penarikan tunai tetap terjadi setiap bulannya.

Pengecekan saldo rekening dan tarik tunai menjadi layanan ATM paling populer. Hampir 8 dari 10 transaksi ATM yang dilakukan oleh pelanggan OCBC adalah untuk melakukan kedua transaksi tersebut.

Verifikasi wajah akan menghilangkan kebutuhan pelanggan untuk membawa kartu ATM mereka, dan juga merupakan alternatif yang aman untuk kartu ATM fisik, kata bank tersebut dalam rilis medianya.

OCBC memanfaatkan teknologi Verifikasi Wajah SingPass yang dikembangkan oleh otoritas lokal. Untuk mengaktifkan verifikasi wajah di ATM OCBC, pemegang rekening akan memilih layanan ATM pilihan mereka terlebih dahulu sebelum memasukkan nomor NRIC mereka di layar.

Mereka kemudian akan diminta untuk memposisikan wajah mereka dalam bingkai di layar, sementara kamera berkemampuan web yang dipasang khusus akan memindai wajah mereka.

Verifikasi kemudian dilakukan secara real time terhadap database biometrik nasional, yang berisi gambar wajah dan identitas 4 juta penduduk Singapura.

Setelah pemindaian wajah diverifikasi, nasabah dapat melanjutkan transaksi di ATM.

Fitur keamanan juga tersedia untuk mencegah penipuan, seperti teknologi deteksi kehidupan untuk mendeteksi dan memblokir penggunaan foto, video, atau topeng selama proses verifikasi.
(dtf)