Rp500Juta Uang Setoran SPBU di Balige Dimaling

sentralberita | Balige ~ Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 14.223.30 di Jalan Sisingamangaraja XII Kota Balige Kecamatan Balige Kabupaten Toba menjadi korban perampokan Oknum Tak Dikenal (OTK), Senin (8/3/2021) sekira pukul 13.00 Wib. Akibat peristiwa tersebut, uang sekira Rp 500 juta yang akan disetor ke Bank Mandiri raib.

Pemilik SPBU, Rumondang br Siahaan yang dikonfirmasi, Selasa (9/3) di lokasi tempat kejadian Perkara kepada Gosumut menuturkan peristiwa tersebut bermula saat pengawas lapangan, John Manik hendak menyetorkan uang hasil penjualan untuk pembelian stok BBM ke Bank BRI.

Namun sambungnya, Bank BRI Cabang Balige yang berjarak sekira 200 meter dari lokasi kejadian, jaringannya error. Sehingga Rumondang, memintanya agar menyetorkan uang tersebut ke Bank Mandiri.

Selanjutnya sambung Rumondang, Manik mengendarai mobil Suzuki Carry warna biru tua BB 1434 EF pun kembali ke SPBU untuk mengambil slip setoran Bank Mandiri dan buku tabungan. Karena sebelumnya, ia hanya membawa slip setoran dan buku tabungan BRI.

“Holan masuk, satokkin hian do [hanya masuk sebentar saja]. Tiba-tiba datang teriakan dari petugas yang mengisi BBM, ada seseorang yang mengambil tas dari dalam mobil. Mendengar hal itu, kami langsung keluar dan berupaya mengejar pelaku namun tidak bisa didapat,” ujarnya.

Dia menduga, saat Manik berangkat ke Bank BRI, sudah dibuntuti dan dipantau oknum pelaku (OTK) tersebut. Akibat peristiwa ini, Manik juga sudah membuat laporan pengaduan di Polres Toba. Selain itu, sejumlah rekaman CCTV yang mengarah ke jalan dan ke SPBU milik beberapa warga tetangga SPBU serta CCTV BRI telah diamankan pihak kepolisian untuk keperluan pemeriksaan mereka.

Berdasarkan rekaman CCTV SPBU sebutnya, mobil Carry yang dikendarai Manik langsung masuk ke SPBU dan parkir tepat di stand Pengisian BBM pulo 3. Saat korban meninggalkan mobil, satu unit sepeda motor yang dinaiki 2 orang tidak dikenal mengikuti dari belakang dan berhenti di parkiran depan kantor SPBU.

Salah satu dari pelaku (pengemudi) memakai helm sementara yang dibonceng menggunakan topi pet. Kemudian tampak satu orang yang dibonceng turun dan berjalan ke arah parkir mobil carry yang dikemudikan Manik, di mana uang setoran penjualan sekira Rp 500 juta disimpan.

Sementara temannya yang mengendarai sepeda motor, mengikuti dari belakangan dan merapat ke sebelah kiri depan mobil Carry terparkir. Begitu pelaku yang memakai topi pet tiba di samping pintu kanan mobil, masih berdasarkan rekaman CCTV, oknum tersebut langsung membuka pintu yang tidak terkunci dan mengambil tas birisi uang. Kemudian pelaku kabur ke arah Kota Balige, Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.

Kapolsek Balige melalui Kanit Reskrim Ipda Jefriadi Silaban saat dikonfirmasi via selulernya membenarkan adanya perampokan uang di SPBU Pertamina 14.223.30 di Jalan Sisingamangaraja XII Kota Balige Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Senin (8/3/2021) sekira pukul 13.00 Wib.

Saat ini sebut Jefriadi, pihak pengawas SPBU sedang membuat laporan di Polres atas kejadian perampokan dengan hilangnya uang setoran SPBU sebesar sekira Rp500 juta.(gs)