Piala FA: Tekuk Everton 2-0, Man City ke Semifinal

sentralberita | Goodisonpark ~
Manchester City lolos ke babak semifinal Piala FA setelah mengalahkan Everton 2-0 di perempat final di Stadion Goodison Park, Sabtu (20/3).

Gelandang muda Phil Foden menguji pertahanan Everton lewat tendangan kaki dari luar kotak penalti. Namun, percobaan itu gagal menguji kiper Joao Virginia lantaran lebih dahulu dihalau Yerry Mina.

Pada menit ke-17, tendangan Raheem Sterling dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Virginia.

Serangan balasan Everton melalui tendangan salto Richarlison juga masih melayang di atas mistar gawang Man City.

Man City kerap menggempur pertahanan Everton di sepanjang laga babak pertama. Akan tetapi, pertahanan tuan rumah bermain solid sehingga sulit ditembus tim tamu.

Pada menit ke-44 Everton memiliki peluang terbaik mencetak gol. Tendangan penjuru Lucas Digne disambut sundulan bek Yerry Mina. Akan tetapi, sundulan Mina itu gagal berbuah gol setelah dihalau Oleksandr Zinchenko yang berdiri di depan garis gawang Man City.

Gelandang sekaligus kapten Man City Fernandinho sempat membahayakan pertahanan Everton pada menit ke-52.

Melalui serangan balik, Fernandinho bisa mencapai kotak penalti lawan. Akan tetapi, Fernandinho memilih mengoper bola kepada Sterling di sisi kiri ketimbang melepaskan tembakan dalam posisi yang cukup ideal.

Hasilnya, dalam posisi yang kurang menguntungkan untuk melepaskan tembakan, bola hasil sepakan Sterling dengan mudah ditangkap kiper Virginia.

Virginia melakukan penyelamatan penting pada menit ke-58. Tendangan kaki kanan Sterling ke sisi kiri gawang Everton usai memanfaatkan umpan tarik Fernandinho bisa ditepis Virginia.

Tendangan keras kaki kiri Foden dari luar kotak penalti pada menit ke-66 hanya melenceng tipis di sisi kanan gawang Everton.

Aksi gemilang kembali ditunjukkan Virginia pada menit ke-82. Dengan berdiri di posisi yang tepat, Virginia sukses menangkap bola hasil tendangan Foden dari luar kotak penalti.

Pertahanan solid Everton dan kehebatan Virgina di bawah mistar akhirnya berakhir setelah gelandang Ilkay Gundogan membobol gawang The Toffees pada menit ke-84.

Gol Man City tersebut bermula dari tendangan Kevin de Bruyne yang bisa ditepis Virginia sehingga bola membentur mistar gawang. Akan tetapi, bola masih jatuh di kotak penati Everton yang langsung disundul Gundogan menjadi gol.

De Bruyne menggandakan kedudukan pada menit ke-90. Setelah menerima umpan terobosan Rodri, De Bruyne menggiring bola, lalu menaklukkan kiper Virginia dengan tembakan kaki kiri.

Gol itu sempat diprotes pemain Everton lantaran Riyad Mahrez dianggap lebih dahulu melakukan pelanggaran terhadap bek Mina. Tanpa tambahan gol di sisa laga, Man City menang 2-0 atas Everton dan lolos ke semifinal Piala FA.

Susunan Pemain:
Everton: Virginia, Holgate, Mina, Godfrey, Coleman, Andre Gomes, Allan, Digne, Sigurdsson, Calvert-Lewin, Richarlison.

Man City: Steffen, Walker, Laporte, Dias, Zinchenko, Bernardo Silva, Fernandinho, Gundogan, Sterling, Gabriel Jesus, Foden. (cnn)