Perpecahan Diantara Pimpinan Rawan Terjadi Karena Adanya Perbedaan Perlakuan

sentralberita | Sei Rampah ~ Darma Wijaya Bupati Sergai yang baru dilantik  berharap dirinya tidak ingin diperlakukan berbeda dengan Wakil Bupati. “Saya tidak mau dibeda-bedakan dengan Pak Adlin. Apa yang saya dapat, Pak Wabup juga menerima. Hal ini untuk menghindari disintegritas. Perpecahan di antara pimpinan rawan terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan perlakuan,” ungkap Bupati di hari pertama masuk kerja.

Bupati H. Darma Wijaya didampingi Istrinya Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP beserta Istri Ny. Aini Zetara Adlin Umar Yusri Tambunan di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (1/3/2021).

Kegiatan juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang  ketat. Turut dihadiri Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy, AP, M.AP beserta Istri Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat se-Sergai. 

Pada prosesi penerimaan diawali dengan penyematan  tengkuluk oleh Sekdakab Faisal Hasrimy beserta ibu Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy didampingi para Asisten kepada Bupati dan Wabup beserta pasangan masing-masing.

Usai melakukan upacara penerimaan, dilanjutkan dengan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Bupati juga menyebut, beberapa waktu yang lalu setelah selesai dilantik bersama dengan Wakil Bupati, dirinya memilih langsung kembali ke kediamanannya alih-alih mampir ke Kantor Bupati atau ke DPRD Sergai. Hal ini dilakukan, lanjutnya, untuk menghindari terciptanya kerumunan berlebih demi menerapkan prokes di tengah pandemi yang hingga kini belum usai.

“Saya menghindari terbentuknya kerumunan massa karena euforia masyarakat Sergai. Di masa sekarang, prokes mesti benar-benar kita jalankan demi meminimalisir .

Terkait pembangunan di Kabupaten Sergai, Bupati Darma Wijaya menyampaikan banyak poin penting terutama kinerja OPD dalam tantangan-tantangan kerja yang sudah, sedang atau akan dihadapi di antaranya terkait pendidikan, kesehatan, kependudukan, lingkungan hidup, perhubungan, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, Wabup mengingatkan agar OPD, terutama yang jadi garda terdepan pelayanan publik, dapat bekerja cepat dan aktif menciptakan inovasi. Darma Wijaya menyebut jika ia akan rutin turun mendengar komentar dan masukan langsung dari masyarakat terkait pelayanan publik di OPD.

“Sekarang tidak ada lagi urusan politik. Kita mesti fokus pada kinerja. Tunjukkan kerja profesional kalian di OPD dan ciptakan keyakinan kalau kalian bisa. Kita harus menciptakan sinergi untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat menjadi Kabupaten yang “Maju Terus”, Mandiri, Sejahtera dan Religius. Saya juga ingin mengingatkan agar penggunaan anggaran lebih tepat sasaran. Terakhir saya mengimbau supaya kinerja yang sudah baik dijaga dan ditingkatkan, sedangkan yang masih belum baik supaya diperbaiki untuk kemajuan Kabupaten Sergai tercinta,” pungkasnya.

Perlu koordinasi intens dan sinergitas wujudkan cita-cita kabupaten

Di kesempatan yang sama, Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP secara singkat menyampaikan jika pada prinsipnya diperlukan koordinasi yang intens untuk mewujudkan cita-cita kabupaten.

Adlin menyatakan, walaupun Bupati Sergai meminta diperlakukan sama dengannya, namun ia tetap menegaskan hanya ada satu Bupati. “Insya Allah, dengan kemampuan Pak Darma Wijaya dan sinergi di antara saya, Pak Sekda dan seluruh OPD, permasalahan dan tantangan yang ada di Kabupaten Sergai dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya walau periode kepemimpinan kami tergolong singkat,” harapnya.

Masih dalam kesempatan serupa, Sekdakab H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menekankan jika merupakan kewajiban seorang ASN untuk loyal kepada pimpinan. Sekdakab melanjutkan, saat ini tidak ada lagi 70 sekian persen kemenangan di Pilkada lalu namun sekarang waktunya setiap pihak mesti 100% penuh mendukung keberlanjutan pembangunan di tampuk kepemimpinan H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umur Yusri Tambunan.

“Kami menyadari saat ini masih banyak yang perlu ditingkatkan. Sehingga kami memerlukan arahan dan bimbingan dari pimpinan kami, Bupati dan Wakil Bupati. Analoginya, kami ini seperti kuda-kuda yang membawa kereta kencana. Laju kesuksesan kami tergantung pada akselerasi yang baik. Kami siap bekerja maksimal siang-malam, siap melaksanakan janji-janji Bapak yang tertuang dalam visi dan misi. Kami paham, waktu yang tersedia bagi Bapak-bapak sekalian sangat singkat untuk mewujudkan cita-cita mulia yaitu Sergai yang “Maju Terus”. Akan tetapi dengan kerjasama dan sinergi, kita optimis hal-hal baik tersebut dapat terwujud,” ucapnya.

Usai rapat koordinasi, Bupati didampingi Wabup dan Sekda beserta seluruh OPD melanjutkan dan menutup rapat dengan sholat Zuhur berjamaah di Masjid Khairurrabitah Komplek Kantor Bupati Sergai. (01/red)