Muncul Gunung Emas di Kongo Disebut Tanda Kiamat

sentralberita | Congo ~ VIDEO amatir warga berebut menggali emas di sebuah gunung di Kongo, dikaitkan dengan tanda kiamat. Dan dikaitkan dengan kemunculan emas di Sungai Eufrat.

Kongo sendiri merupakan suatu negara di bagian tengah sampai barat benua Afrika. Nama resmi negaranya adalah Republik Demokratik Kongo.

Dalam video viral yang diunggah Akun Tiktok @wiwid883 itu, terlihat warga berebut mengambil emas di pasir. Ada yang menggunakan sekop hingga tangan telanjang.

“Assalamualaikum masya Allah gunung emas telah ditemukan di Kongo,” tulisnya dalam keterangan unggahan yang viral di media sosial itu.

Video asli dari TikTok tersebut berasal dari pengguna Twitter seorang jurnalis lepas bernama Ahmad Agohbary @AhmadAlgohbary yang diunggah 3 Maret 2021 lalu.

“Mereka menggali tanah di dalam endapan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk mencuci kotoran & mengekstrak emas,” tutur Ahmad.

Selain menunjukkan warga desa yang berebut menggali emas pakai sekop, Ahmad juga menunjukkan video saat warga mengekstrak galiannya menjadi emas murni.

Terkait dengan video ini, warganet lantas mengaitkannya dengan tanda kiamat. Yang salah satu hadis memang menyinggung mengenai Sungai Eufrat.

Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi sehingga Sungai Eufrat surut dan menyibakkan gunung emas. Di atasnya orang-orang berperang sehingga dari setiap seratus orang akan terbunuh sembilan puluh sembilan. Setiap orang dari mereka mengatakan, ‘Mudah-mudahan akulah orang yang selamat itu’.” (HR Bukhari Muslim).

Hadis lain juga menyebutkan: “Hampir tiba masanya, Sungai Eufrat surut menyingkapkan pembendaharaan emas. Siapa yang menghadirinya, janganlah mengambilnya sedikitpun.” (HR Bukhari Muslim).

Kedua hadis sahih ini tak diragukan lagi kebenarannya. Persoalannya, tak seorang pun mengetahui secara pasti tentang letak gunung emas yang dimaksudkan. Hal ini masih ditutup Allah SWT karena ia merupakan tanda-tanda akhir zaman.

Sementara itu jarak antara provinsi Kivu Selatan Republik Kongo dengan Sungai Eufrat adalah 6,677 km.

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Al-Hadith Al-Nabawi, Eufrat adalah sungai yang mengalir dari timur laut Turki.

Ia mengatakan, sungai sepanjang 2.375 kilometer ini membelah Pengunungan Toros, melewati Suriah di Kota Jarablus, melewati Irak di Kota al-Bukmal, dan bertemu Sungai Tigris di al-Qurnah yang bermuara di Teluk Arab.
(gs)