Minim Sentimen, Saham dan Rupiah Melandai

sentralberita | Medan ~ Banyak bursa di sejumlah kawasan belakangan ini bergerak mixed dengan kecenderungan mengalami penguatan. Walauun penguatannya terbilang tidak signfikan. 

   Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin Selasa Rabu (9/3/2021) mengatakan tidak cukup menjadi modal bagi bursa saham untuk terus bertahan di zona hijau hingga sesi penutupan perdagangan. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang dibuka menguat pada hari ini juga tetap berpeluang untuk bergerak di zona merah.

IHSG dibuka menguat di level 6.233,62. Belum begitu jauh dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Walaupun sejauh ini masih mencoba untuk terus menguat dan mendekati level resisten terdekat di kisaran 6.270.

Pada dasarnya tidak ada kabar bagus yang mampu mendongkrak kinerja pasar keuangan. Namun, kembali dibukanya ruang dialog antara AS dan China untuk meninjau kembali hubungan antara dua negara menjadi kabar positif. Walaupun belum bisa dipastikan apakah hubungan keduanya akan membaik pasca dialog tersebut.

 Disisi lain, mata uang rupiah pada perdagangan hari ini juga masih stabil dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya. Meskipun rupiah cenderung menguat. Saat ini Rupiah masih diperdagangkan dikisaran 14.000 per dolar AS. Tidak jauh berbeda dnegan penutupan perdagangan sehari sebelumnya di level 14.405 per dolar AS. (wie/red)