Medan Siap Sukseskan PON 2024

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani menjadi nara sumber UKW PWI Sumut di Medan, Rabu (24/3).

sentralberita|Medan~ KONI Kota Medan menyatakan mendukung penuh gelaran PON XXI Tahun 2024 yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), demi suksesnya pelaksanaan dan juga prestasi Sumut yang menjadi tuan rumah.

Hal itu dikatakan Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani ketika menjadi nara sumber Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Angkatan XXXVIII yang digelar PWI Sumut kerja sama dengan Pemprovsu, di Garuda Plaza Hotel, Medan, Rabu (24/3) siang.

Menurut Ketua Umum KONI Medan, menjadi tuan rumah PON 2024 sebagai ajang pamuncak olahraga multi event di Tanah Air, adalah suatu kebanggaan dan sebuah moment langka. Karena itu sudah seharusnya kita semua mendukung dan ikut mensukseskannya.

“Setelah 1953, baru di 2024 nanti Sumut kembali menjadi tuan rumah PON bersama Aceh. Maka dari itu, mari kita ikut mensukseskannya, agar meraih sukses prestasi dan juga menuai sukses pelaksanaan,” ucapnya.

Ditambahkan juga, dalam bagian persiapan pelaksanaan PON 2024, saat ini sedang berlangsung pembangunan Sumut Sport Centre, sebuah kompleks olahraga representatif untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pertandingan.

“Namun, selain itu kita tentu juga ingin meraih sukses prestasi. Dan dalam persiapan menuju sukses prestasi, sudah harus dimulai dari saat sekarang,” ungkap Eddy Sibarani.

Kemudian tambahnya, jika sebagai tuan rumah nantinya kontingen Sumut mengisi semua nomor lomba dari semua cabor yang dipertandingkan, maka Sumut diprediksi bisa mempersiapkan 1.600 atlet pada PON 2024.

“Dan dari kontribusi selama ini, di mana kita berkontribusi 60-70% terhadap kontingen Sumut, maka Kota Medan juga harus mempersiapkan 1.000 atlet pada PON 2024,” terang Ketua Umum KONI Medan lagi.

“Masih dalam rangka persiapan PON 2024, KONI Medan telah mengagendakan untuk bisa segera menggelar kegiatan olahraga yang sudah terjadwal tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19. Karena menjadi bagian dari seleksi awal terhadap atlet atlet yang akan dikirim ke PON 2024”, tutur dia.

“Kita harus bergerak dari sekarang demi memuluskan misi sukses pelaksanaan dan sukses prestasi di PON 2024 nanti,” tambah Drs Eddy H Sibarani.

Disebutkan juga bahwa saat ini ada 45 cabor di bawah binaan KONI Medan, termasuk 2 badan fungsional. “Saat ini KONI Medan membina 600 atlet, yang terbagi dua tingkatan yaitu 200 orang untuk lapis pertama dan 400 orang lapis kedua untuk PON 2024,” sebutnya lagi.

“Berkat sinergi dan kerja sama yang telah terjalin, maka pembinaan terus berkelanjutan. Kita mengapresiasi dukungan dari Pemko Medan dan kerja sama yang sudah terjalin dengan Pengcab/Pengkot. serta KONI Kecamatan selama ini”, tutup Eddy Sibarani.(SB/01)