Kongres Bersama, Tiga Kubu KNPI Islah

Ketua Umum dari tiga kubu KNPI, masing-masing Noer Fajrieansyah, Abdul Azis, dan Mustahuddin, berkumpul bersama di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

sentralberita|Jakarta ~ Tiga kelompok Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) islah, dan sepakat menggelar Rapimpurnas dan Kongres bersama XVI pada Tahun 2021.

Ketua Umum dari tiga kubu KNPI, masing-masing, Noer Fajrieansyah, Abdul Azis, dan Mustahuddin, berkumpul di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta, sekaligus menandatangani kesepakatan bersama didampingi Sekretaris Jenderal masing-masing, Addin Jauharudin, Jackson AW Kumaat, dan Yamitema Tirtajaya Laoly.

“Hari ini sangat bersejarah bagi pemuda Indonesia karena berdasarkan kesadaran bersama, pimpinan dari tiga kelompok DPP KNPI, pada hari ini sepakat konflik yang selama ini terjadi diakhiri dan jangan ada lagi perpecahan pemuda ke depannya.

Karena itu, kami bertemu untuk melaksanakan kongres bersama sesuai dengan harapan pemerintah dan OKP yang selama ini bernaung di bawah DPP KNPI,” kata Addin, Sekjen DPP KNPI versi Noer Fajrieansyah, dalam keterangan tertulis, pada Senin (8/3/2021).

Sementara itu, Jackson Kumaat sebagai Sekjen DPP KNPI berbicara mengenai pemecatan Haris Pertama sebagai Ketua Umum. Kini DPP KNPI versi mereka dipimpin Plt Ketua Umum Mustahuddin.

“Kami sadar untuk menepikan dahulu permasalahan yang selama ini terjadi dan meyakini persatuan pemuda merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama menghadapi pandemi COVID-19 yang menghantam bangsa kita selama ini. Terlebih kesepakatan untuk bersatu ini merupakan amanat dari rapat pleno yang baru saja kemarin kita lakukan pasca-mencopot Haris Pertama untuk segera melakukan konsolidasi kepada Ketua Umum DPP KNPI lainnya untuk mempercepat proses persatuan pemuda,” kata Jackson.

Sementara itu, Ketua DPP KNPI Abdul Azis menyatakan pertemuan ini menjadi pertemuan bersejarah bagi pemuda Indonesia, kita berharap tak ada lagi perpecahan masa kedepannya.

“Pertemuan ini merupakan komitmen kami untuk menjaga persatuan dan kesatuan pemuda sesuai dengan harapan pemerintah dan organisasi kepemudaan (OKP) yang selama ini berhimpun di DPP KNPI. Insya Allah kami akan segera melakukan kongres bersama dan tidak akan ada lagi perpecahan pemuda.” kata Azis.

Dalam surat kesepakatan tersebut, tiga Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal dari tiga faksi DPP KNPI menandatangani kesepakatan bersama untuk melaksanakan Rapimpurnas dan Kongres bersama. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan melalui pembentukan kepanitiaan bersama dengan menjunjung tinggi azas musyawarah dan mufakat, keterbukaan dan bertanggung jawab. (SB/01/rel)