Kasus Corona B117 Ditemukan di Medan

sentralberita | Medan  ~ Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada 4 kasus tambahan infeksi varian Corona B117 di Indonesia, salah satunya di Medan, Sumatera Utara. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pun langsung membentuk tim untuk mendeteksi Corona varian baru itu.

“Ketua tim untuk melakukan evaluasi, pendeteksian sudah saya tandatangani adalah dr Inke,” kata Edy, Kamis (11/3/2021).

Satu kasus di Medan itu ditemukan pada 28 Januari. Edy mengatakan tim itu akan bekerja secara teknis untuk mendeteksi kasus Corona B117 tersebut. Edy mengaku masih menunggu laporan dari tim terkait hal ini.

“Nanti kita tunggu hasil deteksi dia tentang kesehatan, saya tidak bisa sampaikan sekarang karena itu cukup teknis,” ucap Edy.

Untuk menanggulangi penyebaran virus varian B117, Edy mengatakan sudah mengeluarkan beberapa kebijakan. Terbaru dia mengeluarkan aturan tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“PPKM ini dikhususkan kepada kegiatan pembatasan masyarakat yang bersifat produktif, ekonomi harus tetap berjalan. Pembatasannya produktif,” jelas Edy.

Sebelumnya, Menkes Budi menyebut 4 kasus ini tidak terkait dengan 2 kasus sebelumnya yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Dijelaskan Menkes Budi, berikut rincian 4 kasus terbaru varian Corona B117 di Indonesia.

  • Satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021
  • Satu kasus di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021
  • Satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari
  • Satu kasus di Medan, Sumatera Utara, pada 28 Januari.

“Keempatnya ini sudah tes positif genome sequencing-nya positif strain baru dari UK. Tapi mereka sudah sembuh dan sudah keluar,” jelas Budi. (dtf)