Harga Daging Sapi Diprediksi Tembus Rp180 Ribu Jelang Lebaran

sentralberita | Jakarta ~ Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi memperkirakan harga daging sapi menembus Rp180 ribu per Kilogram (Kg) jelang lebaran. Hal itu bisa terjadi jika pasokan tak bisa mengimbangi permintaan yang tinggi.

“Jelang lebaran bisa Rp160 ribu lebih, bisa juga tembus Rp180 ribu karena permintaan akan lebih tinggi lagi,” jelas Asnawi, dikutip Rabu (24/3).

Saat ini, lanjut Asnawi, harga daging sudah tembus Rp140 ribu per kg. Angkanya terus menanjak sejak awal 2021 yang berkisar Rp130 ribu per kg.

Ia menuturkan stok sapi saat ini hanya ada 25 ribu ekor. Jumlah tersebut tak cukup memenuhi kebutuhan nasional jelang ramadan.

Berdasarkan catatannya, kebutuhan daging sapi di Jakarta jelang ramadan hingga jelang lebaran sebanyak 24.500 ekor. Kemudian, kebutuhan di Banten sebanyak 16.340 ekor dan Jawa Barat sebanyak 73.500 ekor.

Sementara, Asnawi memprediksi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten kemungkinan hanya mendapatkan jatah sebanyak 20 ribu ekor. Sapi itu akan dibagi berdasarkan jumlah permintaan di masing-masing daerah.

“Ini kebutuhan H-2 ramadan sampai H-1 hari raya. Stok 25 ribu itu dialokasikan nasional. Kalau Jakarta, Jawa Barat, dan Banten stok hanya 20 ribu ekor. Kalau dibagi mungkin Jawa Barat dapat 8.500 ekor, Jakarta 7.000 ekor, dan sisanya Banten,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memperingatkan masyarakat bahwa harga daging sapi akan naik pada bulan puasa dan lebaran pada pertengahan April hingga Mei mendatang. Namun, ia tak merinci pasti berapa besar kenaikan yang bakal terjadi.

Harga daging sapi naik karena terjadi kebakaran hutan yang terjadi pada 2019 silam di Australia. Kebakaran hutan membuat struktur ekspor dan stok daging sapi Australia terganggu.

Hal ini kemudian berdampak langsung pada harga daging impor Australia yang merupakan sumber utama pasokan daging sapi ke Indonesia. Harga sapi dari Australia yang biasanya dibanderol senilai AU$2,3-AU$2,8 per kg, kini naik menjadi AU$5 per kg.

Sebagai informasi, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) mencatat rata-rata harga daging sapi kualitas 1 di pasar tradisional Rp122.500 per Kg atau turun dari sehari sebelumnya, Rp122.900 per Kg. 

Harga daging kualitas 1 tertinggi Rp152.500 per Kg terjadi di Kota Bandung, Jawa Barat. Sementara itu, harga terendah Rp83 ribu per Kg tercatat di Kota Batam, Kepulauan Riau.(cnn)