Chelsea Bungkam Liverpool 1-0

sentralberita | Anfield ~ Chelsea 
berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0 dalam laga Liga Inggris di Stadion Anfield, Jumat (5/3) dini hari WIB. Hasil pertandingan ini memukul The Reds tetap berada di peringkat tujuh Liga Inggris.

Meski kalah penguasaan bola, The Blues mendominasi sejak awal pertandingan. Serangan-serangan tim asuhan Thomas Tuchel jauh lebih efektif daripada Moh Salah cs.

Gol kemenangan Chelsea yang dicetak Mason Mount membuat Liverpool untuk pertama kalinya sepanjang sejarah menelan lima kekalahan beruntun dalam laga kandang Liga Inggris.

Chelsea mendapatkan peluang pertama mencetak gol melalui striker Timo Werner pada menit ke-10. Lolos dari kawalan pertahanan Liverpool, Werner menggiring bola ke muka gawang Alisson. Namun, arah bola tendangan Werner melayang di atas mistar gawang.

Peluang gol kembali dimiliki tim tamu pada menit ke-16. Cesar Azpilicueta melepaskan umpan ke area berbahaya Liverpool, dan yang dituju adalah Werner.

Bola lalu memantul tinggi di kotak penalti Liverpool dan disambar Werner. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang buruk tidak menyulitkan Alisson menangkap bola tersebut.

Werner sempat mencetak gol pada menit ke-24 membawa Chelsea unggul 1-0 di menit ke-24 setelah memanfaatkan umpan lambung Jorginho. Tetapi, gol itu kemudian dianulir dengan VAR lantaran Werner lebih dahulu dalam posisi offside.

Salah satu peluang terbaik bagi Liverpool datang pada menit ke-28. Mohamed Salah melepaskan umpan, Sadio Mane menyambutnya dengan kaki kanan. Namun upaya Mane gagal mengeksekusinya dengan baik.

Gol yang ditunggu-tunggu Chelsea datang pada menit ke-42 melalui kaki Mason Mount. Gol tersebut bermula dari operan N’Golo Kante kepada Mount yang berada di sisi kiri.

Mount juga dalam penjagaan Fabinho. Meski demikian, Mount bisa melepaskan kawalan Fabinho dan melepaskan tembakan yang bersarang di pojok bawah gawang Alisson. Usai peluit panjang babak pertama dibunyikan, Chelsea unggul 1-0 atas Liverpool.

Pada babak kedua, Liverpool masih bermain mendominasi penguasaan bola. Liverpool nyaris memiliki peluang menyamakan skor melalui penalti usai bola Roberto Firmino mengenai lengan Kante pada menit ke-49.

Tapi VAR menganggap Kante tidak handball, maka Liverpool gagal mendapat penalti.

Memasuki menit ke-54 Benjamin Chilwell sempat melepaskan tembakan ke kotak penalti. Tapi upaya itu ditangkis pemain bertahan lawan. Sementara pada menit ke-76 Chelsea kembali mendapat peluang ketika Mason Mount memberi umpan ke Timo Werner. Tapi lagi-lagi upaya ini gagal.

Skor 1-0 bagi Chelsea bertahan hingga babak kedua berakhir, menandai kemenangan pertama Tuchel atas Klopp dalam laga tandang sepanjang kariernya.

Chelsea selanjutnya akan menjamu Everton di Stamford Bridge pada Senin (8/3) pekan depan, sehari setelah Liverpool sekali lagi berusaha mengubah peruntungan di Anfield saat menjamu tim zona degradasi Fulham.

Susunan Pemain:
Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Fabinho, Kabak, Robertson, Wijnaldum, Jones, Thiago, Mane, Firmino, Salah.

Chelsea: Mendy, Azpilicueta, Christensen, Rudiger, James, Jorginho, Kante, Chilwell, Ziyech, Mount, Werner. (cnn)