BWM Dorong Pemulihan Ekonomi Daerah

sentralberita|Medan ~ Bank Wakaf Mikro (BWM) adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang berfokus pada pembiayaan dan pembinaan usaha masyarakat kecil yang diinisiasi OJK bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) BSMU @laznasbsmumat.   

Siaran pers dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diterima Senin (22/3/2021) seperti yang dimuat di instagram OJK  menyebutkan Bank Wakaf Mikro menyediakan akses permodalan atau pembiayaan secara murah bagi usaha mikro, khususnya di sekitar pesantren.   

Pada peresmian Bank Wakaf Al Muayyad dan Al Mushoffa, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka @gibran_rakabuming menyampaikan bahwa dengan adanya Bank Wakaf Mikro, proses pemulihan ekonomi khususnya di Kota Solo dapat dipercepat.        

UMKM yang tadinya belum mengenal proses digitalisasi akan dikebut agar bisa masuk marketplace dan segera scale up agar kapasitasnya naik dan produknya bisa dinikmati oleh orang banyak.

Data yang dilansir OJK menyebutkan kini ada 60 BWM yang tersebar di 19 provinsi di Indonesia. Pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp61,71 miliar kepada 42.040 nasabah, 4.640 Kelompok Usaha Masyarakat sekitar Pesantren Indonesia (KUMPI).   

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang berfokus pada pembiayaan dan pembinaan usaha masyarakat kecil yang diinisiasi OJK bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Lantas) BSMU. (SB/wie)