Bupati Darma Wijaya Serahkan Bantuan Stimulus Kepada 114 Pelaku UMKM di Sergai

sentralberita | Sergai ~ Sebanyak 114 pelaku UMKM di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat bantuan stimulus yang pembagiannya langsung diberikan Bupati Darma Wijaya di Kantor Desa Pematang Sentrak, Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (3/3/2021).

Bantuan berbentuk peralatan usaha seperti mesin jahit, mesin gulung, mixer, kompor gas, blender dan lain sebagainya berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sergai dengan jumlah total sebanyak 226 unit.

Karena bantuan yang sifatnya stimulus, Bupati Darma Wijaya berharap para penerima mengartikannya sebagai dorongan untuk berkembang ditengah situasi pandemi dan perekonomian merupakan salah satu aspek utama yang mesti dibangkitkan mengingat dampak Covid-19 sangat dirasakan terutama bagi para pelaku usaha.

” Akibat pandemi banyak usaha yang terpuruk. Manfaatkan bantuan ini dengan maksimal untuk meningkatkan perekonomian Bapak-Ibu sekalian, tapi jangan lupa dalam menjalankan kegiatan usaha tetap terapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebagai orang yang aktif di dunia entrepreneurship, Bupati Darma membagikan pengalamannya yang sedari muda sudah aktif berwirausaha. Mulai dari berdagang es keliling, telur ayam kampung, jagung, berternak sampai jadi penggalas sawit.

” Rasulullah SAW saja mengajarkan kita untuk berdagang. 9 dari 10 pintu rezeki bersumber dari berusaha. Kalau ingin sukses, jadilah pedagang. Jika ingin kaya, jadilah pengusaha. Merupakan hal yang sangat positif jika sedari dini kita tumbuhkan jiwa wiraswasta pada anak-anak kita. Sebab dengan hal tersebut, tertanamlah jiwa kerja keras, mandiri dan percaya diri,” tukasnya.

Dalam laporannya, Kadis Perindag Sergai H. Karno, SH, M.AP merinci bantuan stimulus ekonomi ini didistribusikan di 2 tempat, yakni dikantor Camat Sei Rampah dan di Kantor Desa Pematang Setrak. Di Sei Rampah sendiri disalurkan bantuan bagi 76 UKM sebanyak 128 unit sedangkan di Desa Pematang Setrak disalurkan bantuan untuk 38 UKM dengan jumlah 98 buah

” Semoga bantuan stimulus ini diharapkan mampu menguatkan kemandirian pelaku UKM di tengah tantangan pandemi,” tutupnya dihadapan para UMKM, Kepala OPD, Forkopimcam, Camat, Kades serta undangan lainnya.(SB/jontob)