Bobby Bakal Minta Vaksin Lebih Banyak untuk Medan

sentralberita | Medan ~ Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, yakni Bobby Nasution mengatakan ,jumlah vaksin virus corona (Covid-19) yang diberikan pemerintah pusat masih kurang. Belum cukup untuk seluruh warga Medan yang dipimpinnya.

“Jumlah Vaksin Covid-19 yang diberikan Kementerian Kesehatan tentu tidak cukup untuk seluruh masyarakat Kota Medan,” kata Bobby di Medan, Rabu (3/3/2021).

Merujuk situs pemkomedan.go.id, jumlah penduduk Kota Medan mencapai 2,9 juta jiwa. Sejauh ini, Pemkot Medan sudah menerima 20 ribu dosis vaksin di tahap pertama dan 96 ribu dosis di tahap kedua.

“Jika kebutuhan vaksin masih kurang, nanti kita akan meminta Kementerian Kesehatan agar dapat mengirim kembali Vaksin Covid-19 untuk Kota Medan,” ujar Bobby.

Di tahap pertama, vaksinasi di Kota Medan diutamakan untuk petugas kesehatan. Di tahap kedua, petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia) bakal jadi target prioritas vaksinasi.

“Kita harus segera merealisasikan Vaksin Covid-19 untuk lansia dan petugas pelayanan publik, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Secepat mungkin kita lakukan vaksinasi massal,” kata Bobby.

Khusus lansia baik yang sudah mendaftar maupun belum, mulai Selasa (2/3) i sudah bisa mendapatkan pelayanan vaksin di 96 Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang telah terdaftar di Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Medan Edwin Effendi mengatakan petugas pelayanan publik yang akan diprioritaskan yakni ASN, TNI/Polri, Tokoh Agama, Wakil Rakyat, pegawai pemerintahan, pendidik, pedagang, transportasi publik, wartawan, pekerja media, keamanan, atlet dan pariwisata.

Jumlah  calon penerima vaksin tahap kedua berdasarkan kelompok umur dan profesi petugas pelayanan publik ada sebanyak 361.855. jumlah ini akan terus bertambah dari data masing-masing instansi maupun OPD serta pendaftaran online yang dilakukan calon sesuai kriteria.

Untuk Lansia dapat mendaftarkan diri melalui link medan.kemenkes.go.id dan bagi Petugas Pelayanan Publik dapat mendaftarkan diri melalui email vaksincovid@kemkes.go.id.

“Saat ini Lansia yang sudah mendaftar melalui Link berjumlah 202.254, baik sudah mendaftar dan yang belum, lansia mulai hari ini sudah bisa mendapatkan pelayanan vaksin Covid-19 di puskesmas dan faskes terdekat di tempat tinggalnya. Tentunya kami akan mengejar target waktu vaksinasi”, kata Edwin. (01/red)