Beberkan Borok PTPN2, FKPPN Ancam Temui Meneg BUMN

sentralberita | Medan ~ Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Forum Komunikasi Purnakarya Perkebunan Nusantara (FKPPN), Drs HN Serta Ginting mengukuhkan dan melantik pengurus DPW FKPPN Sumut, Aceh, Riau, dan Papua Barat periodesasi 2021-2023 di Medan Club Medan, Selasa (23/3/2021).

Pelantikan tersebut dilaksanakan dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Turut hadir dan memberikan sambutan Tokoh Masyarakat juga Mantan Gubsu, Dr HT Erry Nuradi, Kolonel Infantri Pangdam I/BB, S Dolok Saribu yang mewakili Pangdam I/BB, Anggota DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga dan Muhammad Gandhi Faisal Siregar. Proses pelantikan pengurus dilakukan dengan pemberian bendera petaka dari ketua umum diberikan kepada ketua DPW.

Ketua DPW FKPPN Sumatera Utara, Josian Tarigan dalam sambutannya mewakili pengurus DPW menegaskan bahwa wadah organisasi FKPPN merupakan organisasi yang sudah diakui oleh pemerintah. Dikatakan didirikannya FKPPN untuk menyalurkan aspirasi para purna karya perkebunan, hingga memperjuangkan hak-hak para purna karya perkebunan yang hingga kini masih banyak belum terselesaikan.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah PTPN khususnya PTPN 3 yang telah membayarkan tunjangan Santunan Hari Tua (SHT) bagi para pensiunannya. Namun sayangnya, sebaliknya hingga kini di tubuh PTPN 2 belum juga membayarkan SHT para karyawan pensiunannya.

Bahkan terkesan tidak mau menerima para pensiunan untuk membahas dan menyelesaikan SHT. “Jangan mentang mentang kami ini sudah pensiunan, lalu tidak bisa berbuat apa-apa terhadap pimpinan PTPN 2 saat ini . Justeru sebaliknya kami para pensiunan ini siap mengumpulkan tandatangan para pensiunan untuk disampaikan ke Meneg BUMN untuk menyampaikan bahwa jajaran direksi PTPN 2 samasekali tidak peduli dengan para karyawan pensiunannya,”katanya.

Sedangkan Tokoh Masyarakat juga Mantan Gubsu HT Erry Nuradi dalam sambutannya mengakui wadah FKPPN ini sangat strategis dan bisa menjadi kekuatan besar untuk bangsa dan negara. “Kita berharap para purnakarya ini benar benar terakomodir setiap aspirasinya,”sebutnya.

Kemudian Anggota DPRD Sumut, Zeira Salim Ritonga dalam sambutannya mengatakan, sebagai anggota dewan yang merupakan wakil rakyat maka siap senantaisa menerima setiap aspirasi yang disampaikan masyarakat khususnya FKPPN. Dia berharap FKPPN benar benar bisa membawa manfaat bagi masyarakat Sumatera Utara.

Selanjutnya Ketua Umum DPN FKPPN, Serta Ginting dalam sambutannya menyampaikan rasa keprihatinannya terhadap sikap para pejabat PTPN 2 saat ini yang kesannya menzolimi para karyawan pensiunannya. Anehnya, di saat PTPN 2 membagi bagi bantuan gula untuk masyarakat umum, tapi untuk karyawannya sendiri samasekali tidak ada sedikitpun perhatiannya.

Makanya Serta Ginting juga dalam sambutannya menyoroti program pembangunan rumah yang dijalankan PTPN 2. Namun hingga kini satu rumah pun tak ada. Sehingga dia beharap pihak penegak hukum agar mengaudit keuangan PTPN 2 .

Begitu juga pembangunan dan program di PTPN 3 diantaranya program KEK Sei Mangkei yang hingga kini juga mangrak.

Sebenarnya saya sudah merasa tua apalagi sudah lama pensiun, sehingga sudah seharusnya saya istirahat saja. Namun melihat kondisi dan nasib para pensiunan saat ini membuat saya sedih dan tidak.bisa tidur, sehingga perlu dilakukan langkah yang lebih maju kedepan hingga ke pemerintah pusat,”sebutnya. (01/red)