Bakal Ada Propinsi Baru di Sumatera…???

sentralberita | Medan ~ Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengaku menyetujui terkait wacana pemekaran provinsi baru di Sumut apabila akhirnya benar-benar terwujud.
Hal itu disampaikan Edy kepada wartawan.

“Bukan keinginan, itu adalah wacana. Tapi ini harus kita lihat secara profesional, secara proporsional. Kalau itu memang sudah siap, kenapa tidak?” kata Edy, Jumat.

Sambung Edy, dengan terjadinya pemekaran maka ia menilai, daerah yang dimekarkan itu akan semakin maju di bidang pembangunan.

Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa dengan cepat tercapai.

“Pembangunan ini harus berjalan dan harus cepat. Dengan terbentuknya, terpilahnya sehingga pembangunan lebih fokus,” sebutnya.

Tetapi, menurutnya, pemakaran provinsi di Sumut baru akan bisa terjadi bila seluruh aspek yang dibutuhkan harus lengkap dan matang.

“Apabila prasyarat-prasyarat itu terwujud. Sangat setuju. Provinsi apapun. Semakin kecil suatu organisasi, akan lebih bagus,” ujarnya. 

-Moratorium Belum Dicabut
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bicara soal wacana pemekaran provinsi baru dari wilayah Sumut. DPRD Sumut mengatakan pemekaran belum bisa dilakukan karena moratorium belum dicabut.

“Wacana kan boleh-boleh saja, moratorium belum dicabut. Pusat belum dibuka soal pemekaran,” kata Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting di Medan, Jumat (5/3).

Meski masih ada moratorium, Baskami mengatakan dirinya mendukung jika Sumut dimekarkan saat moratorium dicabut. Dia menilai pemekaran bisa saja dilakukan jika masyarakat di wilayah itu menginginkan.


“Sepanjang masyarakat sudah menginginkan, kita dorong. Dewan ini kan tugasnya untuk mendorong masyarakat. (01/red)