Arsenal Gilas Tottenham Hotspur 2-1

sentralberita | London ~ Tren positif Arsenal berlanjut. Sempat tertinggal, Arsenal akhirnya berhasil membekuk Tottenham Hotspur 2-1 dalam lanjutan Premier League pekan ke-28 di Emirates, Minggu (15/3/2021).

Alexander Lacazetta menjadi penentu kemenangan “Meriam London” berkat gol yang dicetaknya dari titik penalti di menit 64.

Spurs sebelumnya unggul lebih dahulu melalui gol Erik Lamela di menit 37. Namun mampu disamakan Arsenal lewat gol Martin Oedegaard di menit 44.

Kemenangan ini melanjutkan catatan positif Arsenal yang belum terkalahkan dalam lima laga terakhir disemua kompetisi.

Arsenal yang unggul 65% dalam penguasaan bola sebenarnya mengawai pertandingan babak pertama dengan bagus. Mereka langsung menekan pertahanan Spurs.

Di 15 menit pertama percobaan yang dilakukan Alexandre Lacazette, Kieran Tierney dan Granit Xhaka masih belum menemui sasaran. Tercatat ada tujuh peroobaan dilakukan Arsenal di babak pertama dan hanya satu diantaranya yang mengarah ke gawang Tottenham.

Meski ditekan, Tottenham berhasil mencuri gol terlebih dahulu. Tendangan kaki kiri pemain cadangan Erik Lamela dari arah sebelah kiri dari kotak 16 bersarang ke sudut kanan bawah gawang Arsenal di menit 33.

Lamela sebelumnya masuk di menit 19 menggantikan Son Heung-Min yang mengalami cedera.

Tekanan yang terus dilancarkan Arsenal akhirnya membuahkan hasil di menit 44.Martin Oedegard berhasil mencetak gol penyeimbang setelah meneruskan assist Kieran Tierney. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, Pelatih Arteta memainkan Nicolas Pépé menggantikan Bukayo Saka. Kembali Arsenal mampu menekan pertahanan lawannya.

Lacazette memberikan ancaman pertama ketika sepakan kerasnya di menit 56 masih bisa diselamatkan kiper. Begitu juga dengan percobaan tendangan Thomas Partey dari luar kotak 16 yang masih meleset.

Menit 63 Arsenal mendapat hadiah penalti setelah pemain Spurs Davinson Sánchez melakukan pelanggaran terhadap Lacazette. Setelah meminta bantuan VAR, wasit menunjuk titik putih buat Arsenal. Lacazette yang menjadi eksekutor berhasil mencetak gol.

Spurs merespons dengan ancaman Lamela lewat sundulannya di bagian tengah kotak 16 yang masih bisa diamankan kiper Leno. Usaha Spurs untuk mencetak gol penyeimbang kian berat setelah Lamela mendapat kartu kuning kedua yang membuatnya harus keluar lapangan lebih cepat.

Spurs yang bermain dengan 10 pemain mencoba untuk menyerang. Menit 79 sundulan Hary Kane masih bisa diamankan kiper Leno. Menit 89 nyaris Spurs menyamakan skor setelah tendangan Kane membentur tiang gawang.

Arsenal berhasil mempertahankan keunggulan sampai laga berakhir.

Susunan Pemain
Arsenal: Leno; Luiz, Gabriel, Cedric, Tierney; Xhaka, Partey, Smith-Rowe, Odegaard, Saka; Lacazette

Tottenham: Lloris; Sanchez, Alderweireld, Doherty, Reguilon; Ndombele, Hojbjerg, Lucas; Bale, Son, Kane
(bs)