Tyson Langsung Banding Atas Hukuman 7 Tahun Penjara Hakim PN Medan

sentralberita|Medan ~ Keberatan dengan vonis majelis hakim yang menjatuhkan pidana penjara selama 7 tahun padanya, Terdakwa Muchlis Anugerah Alias Tyson langsung mengajukan banding,usai ketok palu.

Dalam sidang yang digelar secara daring tersebut, Majelis Hakim yang diketuai Sihol Manalu menilai lelaki 31 tahun itu, terbukti bersalah melakukan tindak pidana memiliki narkotika jenis ganja yang beratnya melebihi 5 batang pohon.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muchlis Anugerah Alias Tyson dengan pidana penjara selama 7 tahun, Denda Rp 15 milyar, apabila tidak dibayar diganti pidana penjara selama 3 bulan,” vonis Hakim di ruang cakra 8 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (18/2/2021).

Dikatakan hakim, adapun yang memberatkan hukuman terdakwa, karena tidak mendukung program pemerintah memberantas narkotika, sementara yang meringankan terdakwa merasa bersalah dan mengakui perbuatannya.

Usai mendengar vonis hakim, terdakwa melalui penasehat hukumnya tanpa berpanjang lebar langsung menyatakan banding. Sementara itu Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho menyatakan pikir-pikir.

“Banding Yang Mulia,” pungkasnya.

Padahal vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang meminta agar terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 10 tahun, denda Rp 5 milyar, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan.

Sebelumnya, dalam dakwaan JPU menuturkan perkara itu bermula pada Rabu 6 Mei 2020 lalu, saat terdakwa Muchlis ditangkap oleh petugas kepolisian Polsekta Medan Kota di rumah terdakwa di Jalan Japaris No. 235 D Komp. Town House Kelurahan Kota Matsum I Kecamatan Medan Area.

“Kemudian petugas kepolisian menemukan, serta menyita barang bukti berupa 10 batang pohon ganja yang ditanam terdakwa di lantai III ruko tempat tinggal terdakwa,” kata JPU.

Kemudian terdakwa menerangkan kepada petugas kepolisian, bahwa cara terdakwa menanam bibit ganja adalah dengan menabur biji pohon ganja ditanah dilantai III ruko terdakwa dan setelah besar, bibit ganja tersebut terdakwa pindahkan ke sebuah pot hingga tumbuh besar sebanyak 10 batang pohon ganja.

“Selanjutnya terdakwa beserta barang bukti di bawa ke Polsekta Medan Kota guna pengusutan lebih lanjut,” pungkas JPU.(SB/FS)