Tundukkan Everton 3-1, Manchester City Unggul 10 Poin

sentralberita | London ~ Manchester City menundukkan Everton 3-1 pada pertandingan Liga Inggris yang dimainkan di Goodison Park, Liverpool, Rabu (17/2/2021) waktu setempat atau Kamis (18/2/2021) dini hari WIB.

Kemenangan itu menjauhkan City dari para pengejarnya. Mereka kini mengoleksi 56 poin, unggul 10 poin dari Manchester United dan Leicester City yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Chelsea, yang kembali bersinar setelah ditangani Thomas Tuchel, berada di urutan keempat dengan 42 poin. Nilai yang sama dimiliki West Ham yang berada di urutan kelima. Juara bertahan Liverpool berada di peringkat keenam dengan nilai 40. Adapun Everton tertahan di posisi ketujuh dengan koleksi 37 poin.

Semua tim yang disebutkan di atas, kecuali Everton, telah bermain di 24 laga. Everton, baru memainkan 23 pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, City unggul terlebih dahulu berkat gol Phil Foden pada menit ke-32, sebelum Richarlison menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Pada babak kedua, City merestorasi keunggulannya berkat gol Riyad Mahrez (63) dan Bernardo Silva (77).

Sergio Aguero dibawa manajer Pep Guardiola sebagai pemain pengganti. Namun, Gabriel Jesus gagal memaksimalkan kesempatan untuk bersinar saat penyerang Argentina itu absen, dan ia pun tidak mencetak gol pada laga ini.

Jesus gagal memanfaatkan peluang terbaik City, ketika mereka mengurung Everton di area pertahannnya.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan saat tembakan Foden terdefleksi Seamus Coleman untuk masuk ke gawang melewati Jordan Pickford.

Everton tidak memperlihatkan upaya menyerang sampai mereka kemasukan, tetapi mereka mendapat imbalan dari kegigihannya ketika tembakan Lucas Digne mengenai tiang gawang dan gagal diteruskan Richarlison.

Di sisi lain, Pickford menggagalkan peluang Bernardo Silva, dan Jesus melepaskan tembakan dari sudut sempit, sebelum City kemudian merestorasi keunggulannya.

Operan Silva ditujukan kepada Mahrez di tepi kotak penalti, dan sepakan melengkungnya mengenai bagian bawah tiang jauh.

Peran itu berganti saat gol ketiga City tercipta pada menit ke-77. Mahrez dan Jesus mengirim bola kepada Silva di tepi kotak penalti, dan tembakan kerasnya dapat digagalkan Pickford.

Guardiola kemudian memberi kesempatan bermain kepada Kevin de Bruyne pada fase akhir pertandingan. Pemain internasional Belgia telah absen absen selama sebulan karena cedera.

Pada pertandingan berikutnya, Everton akan melawat ke markas tim juara bertahan Liverpool pada Sabtu (20/2/2021), sedangkan City akan bertandang ke markas Arsenal sehari kemudian.

Susunan pemain Everton vs Manchester City:
Everton (3-4-2-1): Jordan Pickford, Yerry Mina (Seamus Coleman 18′), Michael Keane, Mason Holgate, Ben Godfrey, Tom Davies (Johua King 69′), Abdoulaye Doucoure, Lucas Digne, Gylfi Sigurdsson, Alex Iwobi (James Rodriguez 69′), Richarlison
Pelatih: Carlo Ancelotti

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes, Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo, Bernardo Silva, Rodri (Fernandinho 90′), Phil Foden, Riyad Mahrez, Raheem Sterling (Kevin de Bruyne 80′), Gabriel Jesus
Pelatih: Pep Guardiola. (bs/red)