Tinjau Vaksinasi Covid 19 di Pasar Tikung, Wali Kota Medan Prioritaskan Pedagang Pasar

sentralberita|Medan ~ Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid 19 kepada para pengendara angkutan umum yang berada di Terminal Amplas, selanjutnya Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM meninjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 kepada para pedagang yang berada di Pasar Tikung Medan Jalan Brigjend Zein Hamid Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor, Sabtu (27/2) pagi.

Wali Kota Medan yang tiba pukul 09.00 wib bersama Sekda Ir Wiriya Alrahman MM, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar dan para Asisten dan OPD di lingkungan Pemko Medan, langsung melihat proses Vaksinasi Covid 19 yang diprioritaskan kepada para pedagang pasar tersebut.

Sama seperti pada pelaksanaan vaksinasi sebelumnya, di tempat ini juga tahapan pelaksanaan vaksinasi yaitu peserta vaksin harus melalui 4 meja. Meja pertama adalah meja pendaftaran, pada tahapan ini petugas akan mendata sesuai dengan biodata peserta termasuk riwayat yang diderita peserta.

Usai mendaftar, peserta vaksin selanjutnya melakukan screening kesehatan (pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh) pada meja kedua. Kemudian, peserta akan diberikan vaksin pada meja ketiga. Selanjutnya, pada meja terakhir hasil vaksinasi akan dicatat dan para peserta akan menerima Kartu Vaksinasi Covid 19 sebagai tanda telah selesai disuntik vaksin.

Setelah menjalani penyuntikan vaksinasi Covid 19, para pedagang kemudian menjalani masa observasi selama 30 menit. Observasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada dampak atau gejala yang timbul akibat penyuntikan vaksin yang baru dilakukan tersebut. Apabila tidak ada gejala yang ditemukan, maka pedagang diperbolehkan meninggalkan lokasi tersebut.

Usai meninjau pelaksanaan vaksin, Wali Kota Medan mengatakan para pedagang yang berada di Pasar Tikung sangat antusias dengan adanya pelaksanaan vaksinasi Covid 19 ini. Dengan antusias dari para pedagang pasar, Wali Kota Medan berharap program vaksinasi yang digelar di pasar kedepannya dapat dicanangkan kembali.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid 19 hari ini kita fokuskan kepada pelayanan publik yakni pengendara angkutan umum dan pedagang pasar. Tadi pagi pelaksanaan vaksinasi di Terminal Amplas dan sekarang di Pasar Tikung.

Pelaksanaan vaksinasi ini juga disambut antusias oleh para pedagang. Mudah-mudahan dengan antusiasme pedagang ini, program vaksinasi Covid 19 kita di pasar-pasar kedepannya dapat kita canangkan dan sukseskan lagi,” ucap Wali Kota Medan.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan, sambung Wali Kota Medan, berdasarkan data yang diperoleh, 90 persen tenaga kesehatan baik yang ASN maupun non ASN telah divaksin.

“Pendataan masih terus kita lakukan kepada para pedagang. Selain itu kita juga sosialisasikan karena sekarang bukan hanya divaksin terus selesai. Bukan seperti itu, tetap harus kita sosialisasikan, kita ajak juga masyarakat dan pedagang yang lain agar cepat di data masyarakat yang sudah mau divaksin pasti bisa lebih cepat lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Pengelola Pasar Titi kuning Hendi Ong mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Pasar Tikung mendapatkan antusias dari Pedagang. Dari jumlah total 389 pedagang, Untuk hari ini jumlah yang divaksin  hanya 200 orang, maka kami sortir untuk 200 Pedagang dan hanya warga yang memiliki KTP Kota Medan saja yang divaksin.

Sebab ada beberapa pedagang yang memiliki KTP di luar Kota Medan. “Kami juga telah mensosialisasikan Vaksinasi Covid 19 kepada seluruh pedagang dan mereka yang awalnya ragu, sekarang mereka antusias. Untuk pedagang yang belum divaksin Kami akan daftarkan untuk divaksin selanjutnya,” jelasnya. (SB/KR)