Raden Syafi’i : Gotong Royong Kekuatan Sosial Politik Menghadapi Ancaman Pandemi

sentralberita | Medan~ Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, H.Raden Muhammad Syafi’i terus eksis melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar
tentang kegiatan Anggota DPR/MPR di daerah pemilihananya Sumut 1. Sosialisasi merupakan amanat konstitusi yang tertuang dalam UU MD3.

Dalam laporannya diterima pers, Selasa (2/2/2021), Raden Muhammad Syafi’i akrab disapa Romo telah menggelar sosialisasi pada 18 Nopember 2020 di Kota Medan bersama elemen organisasi Fahmi Ummi Kota Medan yang dihadiri sebanyak 150 orang dengan pendamping yakni RM Khalil Prasetyo .
Dalam sosialisasi dihadapan masyarakat yang merupakan representasi konstitusi Romo H. R. Muhammad Syafi’i, SH, M.Hum di Kota Medan menyampaikan tentang program 4 Pilar MPR RI yang kontekstual dan relevan dengan kondisi kekinian.

Romo menjelaskan kondisi kekinian tentang Covid-19 merupakan wabah pandemic telah menjadi persoalan serius secara nasional yang juga menjadi persoalan yang sama diseluruh dunia. Ancaman pandemic Covid-19 ini juga harus dicermati berpotensi menjadi ancaman terhadap aspek sosial yang dapat berimplikasi kepada ketahanan nasional.

Dalam sosialisasi Romo mengajak masyarakat untuk menghadapi pandemi covid-19 dengan hidup dalam kearifan yang diwariskan nenek moyang kita. “Yaitu saling tolong menolong, dan gotong royong dan menjadikan kepedulian antar sesama (warga) untuk saling meringankan beban baik bersifat phisikis maupun phisikologi,”katanya.

Selain aspek sosial, Romo juga memaparkan aspek politik dalam menghadapi situasi pandemic saat ini juga dimanfaatkan dengan membuat peraturan perundang- undangan yang bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila. Pancasila sebagai sumber hukum dari seluruh sumber hukum di Indonesia dikonstruksi dalam UUD 1945.

Begitu juga aspek gotong royong dan kepedulian dari kelima sila Pancasila yang harus dikelola secara integral harus menjadi kekuatan semua kalangan dalam.menghadapi pandemi Covid-19. (01/ras)