PGN Serahkan Bantuan Ambulance Ke Unand

sentralberita|Medan ~ Dalam rangka membantu meningkatkan layanan kesehatan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyerahkan bantuan 1 unit mobil ambulance kepada RS Universitas Andalas (RS UNAND), Kota Padang, Sumatera Barat.   

Bantuan diserahkan melalui CSR PGN dan diterima langsung oleh Dr.dr. Yevri Zulfigar, SpB-Ap.U. selaku Direktur Utama RS UNAND. Penyerahan bantuan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan COVID-19.

Sekretaris Perusahaan Rachmat dalam siaran persnya diterima Selasa (23/2/2021) menerangkan bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan kontribusi PGN di bidang sosial dan upaya peningkatanan layanan kesehatan di masyarakat, khususnya di masa darurat pandemi COVID-19 saat ini. Selain itu pada prinsipnya, bantuan sarana dan prasarana Kesehatan juga menjadi focus bantuan CSR PGN selama ini.

RS UNAND Padang ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah Padang dan sekitarnya. Lonjakan kasus positif COVID-19 di Padang, menyebabkan RS UNAND harus meningkatkan pelayanan. Sampai saat ini, kasus positif COVID-19 di Kota Padang telah lebih dari 14.000 kasus.

“Semoga bantuan mobil ambulance ini dapat melengkapi fasilitas RS UNAND untuk melayani masyarakat maupun dalam penanganan COVID-19 sebagai RS rujukan pasien COVID-19.

Dengan bertambahnya armada ambulance, diharapkan dapat membantu mobilisasi masyarakat terutama dalam kondisi darurat membutuhkan perawatan di RS UNAND,” ujar Rachmat di Jakarta.

Rachmat menambahkan, mobil ambulance merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh rumah sakit maupub Lembaga-lembaga lainnya untuk menunjang kegiataan dalam penanganan kondisi darurat. Oleh karena itu, PGN turut serta menyalurkan bantuan pengadaan mobil ambulans.

Alokasi dana CSR PGN Group sampai saat ini banyak teralokasi pada sektor kesehatan. Mengingat pandemi COVID-19 yang masih terjadi, fokus bantuan kesehatan untuk masyarakat yang terdampak, rumah sakit, dan tenaga medis menjadi sangat penting. Bantuan penanganan COVID-19 PGN Group telah menyalurkan anggaran lebih dari Rp 16 Miliar.

Bantuan untuk penanganan COVID-19 yang telah disalurkan berupa masker, handsanitizer, fasilitas kesehatan, dan sembako. Bantuan tersebut disalurkan di berbagai wilayah secara bertahap dan bekerjasama dengan Satgas Bencana. Secara langsung PGN juga memberikan bantuan APD lengkap, masker medik, APD disposable, fasilitas rapid test, sepatu medik untuk perlengkapan petugas medis.

Pemberian bantuan tak lepas dari peran Anak Perusahaan dan Afiliasi PGN. Dengan begitu, bantuan penanganan COVID-19 untuk masyarakat dan tenaga medis dapat disalurkan secara lebih luas.

Terkini, PT Pertamina Gas (Pertagas) menyalurkan bantuan 5.000 masker di Kota Bontang, Kalimantan Timur dalam rangka pencegahan COVID-19. Bantuan masker di Bontang dalam rangka penanganan COVID-19 telah dilakukan dua kali. Sebelumnya, Pertagas telah menyalurkan 1000 masker ecoprint hasil produksi mitra binaan CSR Pertagas kepada Pemerintah Kota Bontang pada Juli 2020.

PGN Group terus berupaya untuk meningkatkan pengelolaan dan penyaluran energi baik melalui program-program sosial agar seluruh kegiatannya dalam berjalan efektif, efisien, dan kebermanfaatan yang optimal. Dengan demikian, energi baik tidak hanya dirasakan dari produk-produk utama perusahaan yaitu gas bumi. (SB/wie)