Menanti Dialog AS dan China, Pasar Keuangan Melandai

sentralberita | Medan ~    Pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mampu menunjukan tren penguatan.

   Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin Kamis (11/2/2021) mengatakan IHSG dibuka naik 0,32 persen di level 6.221,63. Kinerja sejumlah bursa global pada perdagangan hari ini juga belum menunjukan arah pergerakan yang lebih pasti. Akan tetapi IHSG diperkirakan akan bolak balik di dua zona namun masih berkonsolidasi dikisaran angka 6.200.

    Pelaku pasar saat ini masih menanti rencana dialog antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping melalui sarana telepon. Pembicaraan tersebut menjadi sangat krusial dalam menjawab persoalan pasar yang berkembang belakangan ini. Dari hasil pembicaraan tersebut diharapkan nantinya akan jadi sentiment penggerak pasar selanjutnya.

Untuk kinerja mata uang rupiah, Rupiah justru mengalami pelemahan pada sesi pembukaan. Meskipun masih di bawah level 14.000 per dolar AS. Kinerja mata uang rupiah sejauh ini berada dikisaran 13.994 per dolar AS. “Pasar keuangan di akhir pekan ini diperkirakan masih akanbergerak landau dengan kemungkinan tetap berada dalam jalur positif,” katanya. (wie/red)